Sukses

[VIDEO] Canggih, Dokter Latihan Operasi Pakai Hologram Jantung

Dalam sebuah video terlihat seorang ahli bedah jantung menggunakan teknologi hologram 3D untuk memperbesar katup jantung

Memanfaatkan teknologi ternyata bukan hanya milik produser film Ironman atau Star Wars. Karena kini gambar virtual digunakan untuk membantu dokter spesialis jantung belajar nyawa pasien.

Seperti ditulis laman Mirror, Senin (11/11 2013) dalam sebuah video terlihat seorang ahli bedah jantung menggunakan teknologi hologram 3D untuk memperbesar katup jantung dan memotong sayatan di tempat yang sama pada pasiennya.

Direktur unit jantung di Rumah Sakit Schneider Anak di Israel, Dr Elchanan Bruckheimer mengatakan, dengan menggunakan hologram ini, dokter dapat memperoleh gambar di layar komputer dan memiliki jantung yang bisa mengapung dalam ruang 3D.

"Ini luar biasa dan ini merupakan sebuah terobosan besar. Tapi tidak seperti film Iron Man karena ini bukan fiksi ilmiah melainkan fakta ilmiah. Dengan hologram, saya tidak harus membangun citra di kepala saya tapi saya malah bisa melihat jantung secara real time di depan saya," kata Bruckheimer.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.