Sukses

Sudah Banyak Orang Indonesia Rela Periksa HIV Sendiri

Angka kematian akibat HIV AIDS dianggap menurun dibanding tahun 1986. Ini terjadi karena semakin sadarnya orang melakukan tes HIV.

Angka kematian akibat HIV AIDS dianggap menurun dibanding tahun 1986. Ini terjadi karena semakin sadarnya orang melakukan tes HIV sejak dini.

Bila dulu para medis hanya menyarankan pasien untuk menjalani tes dini HIV, sekarang justru petugas medis yang semakin aktif untuk mengajak pasiennya melakukan tes sejak dini.

Seperti yang dikatakan Ketua Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI), Prof. DR. Dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD KAI bahwa tes HIV sejak dini di Indonesia terus mengalami peningkatan.

"Kalau dulu kan, dokter hanya menyarankan. Selanjutnya, terserah si pasien mau melakukannya apa tidak. Tapi sejak beberapa tahun ini, petugas medislah yang aktif mengajak untuk melakukan tes. Hasilnya, sangatlah baik," kata Dr Samsuridjal Djauzi dalam acara `Peluncuran Portal Informasi Seputar HIV/AIDS dan Penyakit Menular TemanTeman.org`, di Gedung A Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kamis (7/11/2013)

Selain kesadaran melakukan tes HIV, lanjut Samsuridjal, masyarakat juga diskriminasi terhadap HIV AIDS tak seperti dulu.

"Tidak hanya itu, karena hal seperti itu diskriminasi di kota besar pun semakin berkurang," kata Samsuridjal menjelaskan.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini