Sukses

Peregangan di Meja Kerja Saat Pegal Menyerang

Saat leher kaku, kepala tegang, coba lakukan peregangan berikut ini

Duduk berlama-lama di depan komputer bisa membuat badan, leher serta kepala menjadi tegang, kaku dan juga pegal-pegal. Karena itu lewat Lifeminders Health yang dikutip Selasa (22/10/2013), Kathy Stevens  memberi anjuran sebagai berikut ini untuk mengatasinya:
 
Untuk peregangan :
    
1. Secara perlahan, tundukkan kepala ke bawah dan ke atas secara bergantian.
    
2. Setelah selesai, lalu perlahan-lahan miringkan kepala Anda ke sisi samping kiri dan kanan hingga telinga Anda menyentuh bahu, dengan posisi  bahu tetap.
  
3. Putar kepala Anda searah jarum jam dan kebalikannya.
    
4. Tempatkan kedua belah tangan di belakang kepala lalu pertemukan kedua belah siku lengan tersebut dan tarik kearah belakang.

Setelah mencoba latihan peregangan, kemudian dilanjutkan dengan latihan penguatan. Latihan ini akan membantu menyamankan leher dan tubuh bagian belakang. Tarik napas dalam-dalam saat menahan posisi dalam latihan ini sekitar 5-10 detik dan ulangi masing-masing selama 10-20 kali.
    
1. Tekan dahi dengan menggunakan telapak tangan secara perlahan. Usahakan  tangan Anda tidak bergerak maju.
    
2. Tempatkan tangan kanan Anda berlawanan dengan sisi kanan kepala. Secara perlahan tekan kepala ke tangan Anda dengan menggunakan otot-otot leher untuk melawan tahanan tangan Anda. Ulangi untuk sisi sebelah kiri.
    
3. Tempatkan kedua belah tangan secara bersilangan di belakang kepala Anda. Cobalah untuk menekan kepala bagian belakang sambil menahan pergerakan kepala dengan menggunakan tangan Anda.
    
4. Duduk tegak dengan kedua siku menekuk, memegangi bahu. Kemudian gerakkan  seperti mendayung dan rilekkan diri Anda.

Lakukan latihan ini setiap saat di meja kerja Anda atau paling tidak beberapa kali seminggu. Paling tidak latihan ini akan menjaga diri Anda dari ketegangan leher maupun bagian belakang tubuh Anda.

Jika dalam melakukan latihan ini tubuh Anda terasa sakit, segera periksakan kepada dokter sebelum terjadi kerusakan lebih lanjut pada otot Anda.


(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini