Sukses

[FOTO] Cuci Tangan Ada Hari Spesialnya Lho..

Hari spesial untuk cuci tangan ini jatuh pada 15 Oktober. Peringatan ini bertujuan masyarakat membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) ke 6 tahun ini diadakan di Area Plaza Barat Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2013) dengan mengajak 1100 anak dari sekolah di Jakarta dan perwakilan dari provinsi Indonesia.

Hari spesial untuk cuci tangan ini jatuh pada 15 Oktober. Tahun ini acara HCTPS bertemakan The Power Is in Your Hand, Tanganku Bersih Hidupku Sehat dihadiri perwakilan dari Unicef, WHO, Menteri Kesehatan dan Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Kusmiyati/Liputan6.com)

1. Peringatan ini bertujuan mendorong dan mengingatkan masyarakat membiasakan mencuci tangan dengan sabun.



2. Peringatan HCTPS ini untuk mendorong, memotivasi dan mengingatkan seluruh masyarakat agar benar-benar mempraktikkan cuci tangan pakai sabun.



3. Kebiasaan baik ini dapat mencegah penularan dan penyebaran berbagai penyakit menular dan penyakit berbasis lingkungan.



4. Rangkaian acara puncak HCTPS terdiri dari talkshow Menkes bersama Duta Lingkungan Sehat Sanitasi Berbasis Masyarakat, pertunjukan operet anak, penobatan LS STBM oleh Menkes, handprint dan gerakan cuci tangan pakai sabun dan fliyering dan stickering gerakan aksi cuci tangan.



5. Terdapat 11 pelaku yang ikut berperan aktif dalam gerakan HCTPS ke 6 diantaranya Lembaga Tinggi Negara, kementeriaan, pemerinta provinsi,  gubernur, dan lembaga internasional.



6. Pada acara ini Menkes berpesan pada anak-anak untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun sesudah buang air besar, sebelum makan, sebelum menyiapkan makana dan sesudah memegang hewan.



7. Tidak hanya anak-anak, para ibu juga perlu membiasakan diri mencuci tangan. Pakai sabun sebelum menyusui atau mennyuapi bayi atau anak serta setelah membersihkan kotoran anak. (Mia/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.