Sukses

Baru 2 Hari Klinik Dibuka, Sudah 228 Jemaah Haji Dirawat

Menurut pantauan Kementerian Kesehatan, saat ini ada 228 orang dirawat observasi

Sudah dua hari usai pemerintah mendirikan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mina. Namun tempat ini sudah dipenuhi jemaah haji yang sakit.

Menurut pantauan Kementerian Kesehatan, saat ini ada 228 orang dirawat observasi. Karena tenda BPHI hanya ada 30 tempat tidur, maka pasien dibagi menjadi tiga kelompok.

Seperti disampaikan DirJen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Prof dr Tjandra Yoga Aditama, pasien tersebut terdiri dari:

1. Pasien dehidrasi / lemas karena kelelahan

2. Pasien yang memang sudah ada penyakit kronik sejak dari tanah air (Diabetes Melitus, Hipertensi, Asma Bronkial dan lainnya) yang kemudian memburuk selama di Arab Saudi

3. Pasien yang memang mulai terkena penyakit ketika sedang di Arab Saudi, misalnya ISPA, ‎dispepsia dan lainnya.

Meskipun balai kesehatan ini sangat terbatas, Prof Tjandra mengatakan BPHI di Mina sangat lengkap dengan tenaga medisnya.

"Ada dokter spesialis (penyakit dalam, Paru, Neurologi dll) dan petugas kesehatan terlatih lainnya. Selain itu, tenda BPHI Mina menampung 30 tempat tidur dan di sekat untuk ruangan triase, gizi, obat dan perbekalan kesehatan serta kegiatan sanitasi dan surveilans (SanSur)," tulis Prof Tjandra dalam pernyataanya, Kamis (17/10/2013).

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.