Sukses

Susah Hentikan Rokok? Cobalah Taichi Sederhana Ini!

Bila sudah banyak cara sudah Anda tempuh untuk menghentikan kebiasaan merokok, namun tetap saja gagal, cobalah untuk melakukan tai chi. Muda

Bila sudah banyak cara sudah Anda tempuh untuk menghentikan kebiasaan merokok, namun tetap saja gagal, cobalah untuk melakukan tai chi. Mudah dan murah!

Kalau Anda ingin berhenti merokok dan gagal, jangan khawatir. Ada teman. Banyak pecandu rokok yang ‘tobat’ ingin berhenti merokok acap sulit mencapai keinginannya. Di Amerika Serikat, data dari Asosiasi Ahli Bedah Umum AS menyebut 70 persen perokok memang punya keinginan berhenti merokok. Sayang, hanya 35 persen yang mencobanya dan 5 persen saja yang berhasil. Di Indonesia, seperti biasa. Tak ada yang tahu.

Rokok, kita tahu punya efek buruk terhadap kesehatan, mempengaruhi banyak organ menuju kerusakan. Kalau Anda sudah banyak mencoba beragam cara, mungkin cara satu ini belum Anda jajal, cobalah tai chi. Seperti dikutip dari naturalmed, Rabu (9/10/2013), ilmu mengolah chi (energi vital) ini akan membuat Anda mampu menyatukan tubuh dan pikiran. Dengan demikian akan dengan mudah menghilangkan kebiasaan buruk ini. Berikut latihannya:

Grounding

Saat berlatih, perhatikan sensasi yang terjadi pada tubuh. Tarik napas dan keluarkan lewat hidung dan lekatkan lidah ke langit-langit mulut

1. Berdiri dengan kedua kaki terpisah sejajar bahu. Mantapkan posisi Anda. Rilekskan seluruh tubuh termasuk paha, hau, dan tenggorokan. Tarik napas dan angkat kedua tangan sampai setinggi bahu dengan posisi seolah memegang bola imajiner. Hembuskan napas perlahan.

2. Tarik napas dan perbesar bola imajiner hingga selebar bahu. Rasai sensasi tubuh Anda. Keluarkan napas saat bola yang Anda pegang kembali mengecil. Hirup vitalitas, hembuskan negativitas.

Posisi awal/ pembukaan 

3. Berdiri dengan kedua kaki terpisah sejajar bahu. Rileks, jangan buat kaku lutut Anda, posisi tulang ekor seolah hendak menurun di antara dua kaki. Tarik napas perlahan dan dalam sementara angkat kedua tangan sejajar bahu dengan telapak menghadap ke lantai. Lunakkan pandangan Anda. Jangan tegang!

Biarkan tubuh tetap rileks dan pikiran fokus

4. Tarik napas perlahan saat Anda menurunkan tangan sementara kedua lutut ditekuk sedikit dengan posisi punggung tetap lurus/ tegak. Turunkan tubuh hingga lutut persis berada di atas ujung jari-jari kaki. Telapak tangan tetap berada parallel dengan lantai, gerakkan ke samping paha saat lutut dan siku menekuk.

5. Letakkan kedua telapak tangan di perut, persis di bawah pusar (tan tien). Bernapaslah perlahan dan tetaplah pada posisi ini selama tiga hingga empat menit. Rasakan sensasi yang terjadi di tubuh Anda.

 (Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini