Sukses

Pesan Menkes untuk Cegah Kanker Payudara & Kanker Serviks

Kanker payudara dan kanker serviks merupakan kanker yang paling sering dijumpai wanita. Menkes Nafsiah Mboi berpesan lima hal.

Kanker payudara dan kanker serviks merupakan kanker yang paling sering dijumpai wanita. Padahal dengan deteksi dini, kedua penyakit ini bisa dicegah.

Begitu disampaikan Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi pada acara pembukaan program Training of Trainers bersama YKI (Yayasan Kanker Indonesia) yang berlangsung di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (3/9/2013).

Maka itu dalam kesempatannya Nafsiah berpesan 5 hal ini:

1. Health Promotion

Menurut menkes, setiap orang harus menjaga kebersihannya. Kebersihan ini adalah salah satu upaya pencegahan penularan penyakit.

2. Upaya pencegahan secara spesifik

3. Deteksi dini

Menkes menerangkan, dengan kita melakukan deteksi dini, semua jenis penyakit termasuk penyakit menular bisa dihindari.

4. Pengobatan tingkat tinggi

Upaya pengobatan juga harus maksimal. Menkes berharap, semua wanita dapat divaksinasi. Tapi karena vaksin mahal, setidaknya wanita dapat skrining Tes IVA. Karena pemerintah menargetkan minimal 80 persen perempuan usia 30-50 tahun melakukan deteksi dini setiap 5 tahun.

Sementara menurut laporan hingga 2012 yang melakukan tes IVA (Inspkesi Visual Asam Asetat) 550 ribu orang (575.503) dengan jumlah IVA positif lebih dari 25 ribu orang (25.805).

5. Rehabilitasi

"Ada penyakit-penyakit yang perlu rehabilitasi. Seperti HIV, itu adalah salah satu penyakit yang sangat mengkhawatirkan," jelas menkes.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini