Sukses

10 Cara Jauh dari Segala Macam Bentuk Gula

Agar Anda atau anak tidak berlebihan mengonsumsi gula, coba perhatikan hal-hal berikut agar Anda dan si kecil juga aman dari kegemukan

Agar Anda atau anak tidak berlebihan mengonsumsi gula, coba perhatikan hal-hal berikut agar Anda dan si kecil juga aman dari kegemukan dan kelebihan kalori seperti dikutip dari webMD, Selasa (1/10/2013):

1 Buat minuman enak dengan mencampurkan satu buah pisang dengan satu gelas susu skim dan sedikit yoghurt rendah lemak. Untuk menambah kesegaran, tambahkan perasan air jeruk.

2 Jauhkan minuman berkarbonasi dari lemari es. Sebagai gantinya, simpan susu rendah lemak, yoghurt rendah lemak, dan tentu saja air putih.

3 Kalau ingin mengoleskan selai atau madu pada roti panggang, pastikan lapisannya tipis saja.

4 Ketika anak-anak ikut berbelanja, pastikan troli sudah dipenuhi dengan aneka camilan sehat seperti kismis, yoghurt, maupun anggur. Dengan demikian, tidak ada alasan mengambil cokelat ataupun permen yang biasanya terpajang di area dekat kasir.

5 Saat berbelanja, bandingkan label kemasan antarmakanan. Pilih yang menyebutkan kadar gula lebih rendah atau bebas gula.

6 Sembunyikan makanan tinggi gula di laci paling dalam. Ya, sesekali tak ada salahnya menyantap camilan agak manis. Hanya saja, supaya tidak ketagihan, letakkan posisi makanan tersebut agak tersembunyi, sehingga jauh dari jangkauan anak. 

7 Beli cokelat atau permen dalam ukuran lebih kecil. Anda juga bisa memberikan potongan kecil yang siap makan lalu menyimpan sisanya.

8 Upayakan tidak membeli makanan yang tinggal dipanaskan dalam microwave. Sebabnya, makanan tersebut biasanya padat gula.

9 Ketimbang membeli puding siap santap, lebih baik bikin puding sendiri. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol gula di dalamnya.

10 Bila masih ada buah yang tersisa di lemari es, blender dan bekukan dalam tempat es. Es tersebut bisa dicampur dengan yoghurt.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.