Sukses

Tidur Siang Lebih dari 30 Menit Picu Risiko Diabetes

Penelitian dilakukan di Huazhong University of Science and Technology di China mengatakan tidur siang 30 menit berisiko diabetes tipe 2.

Kebiasaan tidur siang ternyata berdampak buruk untuk kesehatan. Banyak risiko penyakit seperti diabetes tipe dua, tekanan darah tinggi dan kolesterol akan diderita orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur siang lebih dari 30 menit.

"Cara terbaik mencegah diabetes tipe 2 yaitu dengan mempertahankan pola hidup sehat. Caranya adalah dengan pola makan sehat, bernutrisi seimbang, dan olahraga teratur," ujar peneliti dari Diabetes UK, Dr Matthew Hobbs.

Penelitian yang dilakukan di Huazhong University of Science and Technology di China mengatakan tertidur 30 menit di siang hari meningkatkan risiko diabetes tipe dua khususnya pada orang berusia 45 tahun ke atas dikutip Zeenewsindia, Selasa (24/9/2013).

Penelitian tersebut melibatkan 27.009 orang berusia 45 tahun atau lebih yang terbiasa dengan tidur siang. Hasilnya sebanyak 40 persen dari orang yang diteliti memiliki tekanan darah tinggi, dibandingkan 33 persen yang tidak.

Dalam riset, peneliti melihat kesehatan partisipan dengan menguji kadar gula yang disebut impaired fasting plasma glucose.

Hasilnya, kadar glukosa ternyata lebih tinggi pada orang yang terbiasa tidur siang lebih dari 30 menit. Selain diabetes tipe 2 mereka juga berisiko tekanan darah tinggi.

Dan 24 persen dari mereka terbukti menderita kolesterol tinggi. Risiko serupa terjadi pada 33 persen dan 19 persen responden yang tidak terbiasa tidur siang. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini