Sukses

Diet 05:02 Bikin Repot dan Menyusahkan

Diet yang 05:02 yang diperkenalkan Dr Michael Mosley, dianggap sulit untuk dipraktikkan.

Diet yang 05:02 yang diperkenalkan Dr Michael Mosley, dalam buku berjudul `The Fast Diet, The Simple Secret of Intermittent Fasting. Lose Weight, Stay Healthy, and Live Longer`, dianggap sulit untuk dipraktikkan.

"Pun jika dipraktikkan, membutuhkan pengetahuan akan nutrisi yang cukup luas. Ini yang membuatnya terlihat sulit untuk dijalani," ujar Pakar Nutrisi dan Diet Klinik Gizi Keluarga dari Universitas of Sidney, Leona Victoria Djajadi MND (Master of Nutrition and Dietitics) kepada tim Health Liputan6.com, Sabtu (13/9/2013)

Dalam menjalani puasa selama 2 hari, pelaku diet 05:02 hanyaboleh mengasup makanan 500 kalori untuk wanita, dan 600 kalori untuk pria. Tiap suap makanan juga harus benar-benar dihitung. "Ini merepotkan sekali. Apalagi, jika tidak disupport dengan pengetahuan nutrisi," tambah dia.

Menurut Leona, jika seseorang sudah memiliki pengetahuan mumpuni tentang gizi, kenapa tidak diteruskan saja sebagai bagian gaya hidup yang dijalaninya.

"Committed to have a better life. Hanya dipraktikkan 2 hari, ditambah membatasi kalori secara drastis, menurut saya terdengar tidak menyenangkan," jelas Leona.

Lebih menakutkan lagi, selama `cheating day`, pelaku dengan bebas melahap semua makanan yang disukai, dan tidak mengontrol asupan yang masuk. Mengingat pilihan makanan sebesar 500 sampai 600 kalori yang tidak banyak, hal seperti ini sangat menakutkan.

"Justru itu berbahaya.  Nanti jadi tidak terkontrol. Akhirnya, menyusahkan diri sendiri," tutup dia.

(Adt/Abd)

Baca Juga:

Diet 05:02, Mirip Diet ala Diet Deddy Corbuzier, Ada Puasanya


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.