Sukses

Pria yang Banyak Konsumsi Obat Fitoestrogen, Bisa Tumbuh Payudara

Kandungan fitoestrogen dalam bentuk obat, bila terlalu banyak dikonsumsi pria memiliki efek samping yang dapat membuat tumbuhnya payudara.

Pria berusia tua yang rutin mengonsumsi makanan atau suplemen estrogen alami dari lingkungan (Fitoestrogen), dapat membantunya terhindar dari kanker prostat. Tapi bila terlalu banyak, berefek dengan tumbuhnya payudara pada pria itu.

"Kandungan fitoestrogen dalam bentuk obat, bila terlalu banyak dikonsumsi, memiliki efek samping yang dapat membuat tumbuhnya payudara, dan muncul sifat kewanita-wanitaan pada pria," ujar Ahli urologi Rumah Sakit Mount Alvernia Singapura, dr. Tan Hun Hoe, dalam acara `PNC Health Care : Kenali Masalah Saluran Kemih dan Bagaimana Meningkatkan Kesehatan Seksual Anda`, di Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Pembesaran prostat pada pria semakin berkembang sesuai dengan pertambahan usianya. Agar pembesaran prostat itu tidak berkembang menjadi kanker, setiap pria dianjurkan untuk mencegahnya dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen, yang terdapat di biji-bijian dan kacang-kacangan.

"Tahu tempe itu bagus, karena mengandung estrogen alami. Estrogen itu memang hormon untuk wanita, tapi bila itu masuk ke dalam tubuh pria, akan menahan hormon pada pria itu," terangnya.

"Kalau kebanyakan tempe dan tahu tidak apa-apa. Secara alami tempe nggak ada masalah. Sedangkan obat-obatan itu, ada konsentrat di dalamnya dan dosisinya tinggi," tambah dia.

Selain tahu dan tempe, ternyata biji-bijian seperti biji semangka dan melon, baik untuk dikonsumsi karena mengandung manfaat yang luar biasa besarnya.

Bila ini dperhatikan, pria tidak perlu takut dirinya menderita kanker prostat. Dengan diet yang tepat, semua itu dapat dicegah.

(Adt/Igw)

Baca Juga:

Rutin Masturbasi Hindarkan Pria dari Kanker Prostat?
Cegah Kanker Prostat dengan Makan Tahu dan Tempe
Jangan Malu Colok Dubur, Kalau Mau Deteksi Kanker Prostat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.