Sukses

Waspadai Serangan Diare Saat Mudik!

Penyakit diare menjadi yang kerap ditemui saat mudik. Penyakit yang menyerang slauran pencernaan ini disebabkan bakteri E. Coli.

Mudik ke kampung halaman menjadi tradisi setiap Hari Raya Lebaran. Perjalanan yang memakan waktu banyak dan tenaga ekstra bisa menyebabkan penyakit mudah menyerang.

Diare adalah penyakit yang kerap ditemui saat mudik. Penyakit yang menyerang slauran pencernaan ini disebabkan bakteri E. Coli, yang dapat menyebar di sarana fasilitas umum dan makanan.

Ketika seseorang yang menderita diare memegang sarana fasilitas umum tersebut dan orang yang sehat melakukan kontak maka kuman dapat berpindah.

"Diare menjadi penyakit yang sering ditemukan saat mudik di setiap tahunnya, makan di sembarang tempat menjadi penyebab timbulnya penyakit ini," ujar Doker Division Gastroenterology Department of Internal Medicine Faculty of Medicine University of Indonesia, dr. Marcellus Simadibrata, MD saat diwawancarai Liputan6.com, Senin (29/7/2013).

dr. Marcellus menganjurkan untuk pemudik lebih teliti dan cermat terhadap makanan yang ingin dikonsumsi.

"Perhatikan kebersihan makanan dan tempat sewaktu membeli makanan, atau sebaiknya membawa bekal sendiri yang cukup selama perjalanan," tutur dr. Marcellus.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.