Sukses

Cara Efektif Asah Kreativitas Anak

Orangtua dan guru berperan penting untuk mendukung serta menyediakan sarana yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi imajinasinya.

Orangtua dan guru berperan penting untuk mendukung serta menyediakan sarana yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi imajinasinya.

Ada beragam cara untuk mengasah kreativitas anak, salah satunya dengan kegiatan bermain. Dengan mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan kreatif dengan berkreasi menggunakan sarana yang sesuai.

"Kegiatan yang mendorong anak berkreasi dapat mengembangkan kreatifitas anak serta dapat mengekspresikan perasaan positif dan negatif," papar Psikolog Anak dan Praktisi TheraPlay, Rini Hildayani, M.Si saat acara Scotch Craftivity seperti ditulis Jumat (26/7/2013).

Ketika anak melakukan kegiatan bersama dapat mengasah kemampuan berpikirnya. "Jika dilakukan bersama keluarga atau guru atau teman dapat meningkatkan kedekatan emosional dan interaksi sosial anak," tambah Rini.

Kegiatan bermain memberi anak pengalaman untuk mengembangkan kreativitas, berimajinasi, mengasah keterampilan motorik, mengekspresikan emosi, dan melatih keterampilan sosial.

Pemilik Kutakkatik Art and Craft Class, Raya Pradiono mengatakan usahakan untuk menemukan sesuatu yang baru untuk kegiatan anak guna mengasah kreatifitas.

"Selalu cari kegiatan yang baru dan berbeda sehingga anak tidak merasa bosan dan terpacu untuk lebih kreatif," ungkap Raya. Dalam melakukan permainan kreatif orangtua atau guru membimbing anak dan memastikan saranan bermain aman untuk anak-anak.

"Jadilah teman yang menyenangkan bagi anak, jangan terlalu mengatur bagaimana hasil kreasinya. Selain itu perhatikan kemanan dan kualitas bahan atau alat yang digunakan untuk bermain.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini