Sukses

Puskesmas Jalur Mudik Karawang Bakal Buka 24 Jam

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jabar menginstruksikan agar seluruh Puskesmas yang akan dilintasi para pemudik buka 24 jam

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menginstruksikan agar seluruh Puskesmas yang akan dilintasi para pemudik Lebaran 2013 untuk buka atau beroperasi 24 jam. Kepala Dinas Kesehatan Karawang Asep Hidayat Lukman, Rabu, mengatakan Puskesmas yang akan dilintasi jalut mudik wajib buka 24 jam, untuk melayani pemudik yang kondisi kesehatannya terganggu selama perjalanan. "Selain itu juga bertujuan agar bisa dilakukan pertolongan sedini mungkin, jika terjadi kecelakaan lalu lintas," katanya, di Karawang.Dikatakannya, menjelang musim mudik Lebaran 2013 Dinas Kesehatan setempat kini mulai melakukan berbagai persiapan. Diantara persiapan yang dilakukan ialah dengan meningkatkan koordinasi kepada aparat kepolisian dari Polres Karawang.     Selain itu, pihaknya juga sudah mengintruksikan agar seluruh Puskesmas yang dilintasi pemudik buka selama 24 jam, dilengkapi dengan dokter piket.      Menurut dia, Pemkab Karawang melalui Dinas Kesehatan Karawang tidak hanya mewajibkan Puskesmas di jalur mudik buka selama 24 jam. Dinas Kesehatan setempat juga akan membangun posko-posko kesehatan disepanjang jalur mudik.     "Pembangunan posko kesehatan itu akan digabung dengan posko yang akan dibangun jajaran kepolisian Polres Karawang," katanya.      Secara umum, kata dia, Dinas Kesehatan Karawang sudah siap menjalankan tugasnya selama musim mudik Lebaran 2013. Baik dari personel maupun obat-obatan, itu sudah disiapkan secara matang menyusul semakin dekatnya musim mudik Lebaran.      "Di posko kesehatan akan ada mobil ambulance yang siap siaga," kata Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini