Sukses

Menulis Percepat Penyembuhan Trauma

Sebuah studi di Auckland menemukan bahwa latihan menulis memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menyembuhkan luka pasca trauma.

Sebuah studi di Auckland menemukan bahwa latihan menulis memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menyembuhkan luka batin usai trauma.Hal ini diungkapkan oleh pemimpin penelitian Dr Elizabeth Broadbent. Menurutnya, menulis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus bisa mempercepat penyembuhan luka akibat trauma."Kulit sembuh tiga kali lebih cepat pada orang yang menulis tentang pengalaman hidup traumatis mereka. Penelitian yang mengikutsertakan 50 peserta pria dan wanita ini memeinta mereka untuk menulis selama 20 menit setiap hari, selama tiga hari berturut-turut," ungkap Elizabeth, seperti dilansir Dailymail, Senin (22/7/2013).Dan hasilnya, menulis terbukti menunjukkan hubungan antara pikiran dan tubuh. Hal ini berhubungan dengan intervensi psikologis yang bisa meningkatkan hasil fisiologis.Studi kedua yang dilakukan oleh Glasgow Caledonian University, meminta 50 atlet yang terluka untuk menulis selama 20 menit sekali seminggu selama tiga minggu. Hasilnya, atlet yang rutin menulis memiliki peningkatan yang signifikan dalam penyembuhan luka.Melihat hal ini peneliti beranggapan bahwa menulis bisa menghilangkan stres yang kemudian bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini