Sukses

Sering Berkeliling Ruangan Kantor Bisa Cegah Serangan Jantung

Bagi Anda para pekerja kantoran yang ingin terhindar dari diabetesi, bangkit dari kursi, dan lakukan jalan-jalan kecil selama dua menit.

Bagi Anda para pekerja kantoran yang ingin terhindar dari diabetesi, seringlah beristirahat dan bangkit dari kursi, serta lakukan jalan-jalan kecil selama dua menit.

Menurut laporan American Journal of Clinical Nutrition, pekerja yang rutin berkeliling di sekitar ruangan tempatnya bekerja selama 1 menit 40 detik, mampu menurunkan kadar gula darah dan kadar insulin tubuh.

Jika kadar gula dan insulin tubuh meninggi, itulah tanda-tanda diabetes tipe 2 mulai memunculkan dirinya. Anda bisa berisiko alami penyakit jantung dan stroke.

Kondisi ini terjadi, ketika tubuh kehilangan kemampuan untuk memproses glukosa, gula yang dilepaskan ketika mengonsumsi makanan dan bakal diubah menjadi sumber energi, yang digunakan oleh otot.

Meningkatnya obesitas dikhawatirkan dapat menyimpan masalah yang besar di masa yang akan datang. Makanya, para peneliti dari University of Otago, Selandia Baru, menganjurkan agar kita rutin jalan-jalan meski waktunya singkat agar risiko penyakit membahayakan ini turun.

Seperti dilansir Dailymail, Rabu (3/7/2013), gejala sakit diabetes dapat dikenali antara lain haus berlebihan, sering kencing atau buang air kecil. Ini karena efek glukosa yang terakumulasi dalam darah.

Kondisi ini harus segera ditangani dan diobati karena diabetesi tipe dua dapat meningkatkan risiko serangan jantung, kebutaan, dan amputasi.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.