Sukses

Rumah Sakit Mewah Tidak Selalu Terjamin Mutunya

Orang sering berpikiran segala sesuatu yang mahal kualitas juga pasti bagus, termasuk soal rumah sakit. Padahal, tak selalu rumah sakit yang mewah dan mahal pasti mutunya terjamin.

Demikian dikatakan Kapus Pembiayaan dan Jamkes, Kementerian Kesehatan RI, drg Usman Sumantri M.SC di Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Menurut Usman, mutu itu sebaiknya sesuai dengan standar. "Mutu tidak selalu mahal, tidak terlalu berlebihan. Banyak orang yang salah mengerti tentang mutu. Dan banyak yang berpikir bahwa rumah sakit mewah sudah pasti terjamin mutunya. Sebenarnya tidak selalu demikian," kata drg Usman, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta.

Mutu tidak selalu dilihat dari fasilitas yang ditawarkan rumah sakit. Namun lebih kepada pelayanan yang diberikan kepada pasien. Pelayanan yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Kemenkes bisa dikatakan yang bermutu.

"Mutu bukan berarti fasilitas harus mewah, namun pelayanannya. Ada yang rumah sakit sederhana namun pelayanannya sesuai prosedur, misalnya pasien yang didiagnosis sakit tertentu yang tidak perlu CT Scan, ya tidak dijalankan CT Scan. Semua berdasarkan prosedur perawatan penyakit seorang pasien," ujarnya.

Banyak juga rumah sakit mewah yang tidak menjalani prosedur dengan baik. Pasien yang memang tidak seharusnya melakukan satu perawatan terkadang malah disarankan rumah sakit untuk menyarankannya. Inilah yang membuat rumah sakit mengalami penurunan mutu.

(Mia/Mel/*)