Sukses

Anak Penjual Cilok Alami Kelainan Jantung, YPP SCTV-Indosiar Beri Bantuan Operasi Jantung Gratis

Anak Penjual Cilok yang Alami Kelainan Jantung Sudah Diperbolehkan Pulang Setelah Jalani Operasi Jantung yang Dibantu Oleh YPP SCTV-Indosiar.

Liputan6.com, Jakarta - Chairul, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun mengalami kelainan jantung yang membuat kegiatan sehari-harinya terhambat. Dengan orang tua yang bekerja sebegai penjual cilok, Chairul dan keluarganya tidak mampu untuk jalani pengobatan yang maksimal.

Akibat dari penyakitnya, anak yang berasal dari Garut, Jawa Barat, tersebut tidak mampu untuk berjalan jauh, bahkan dia mudah mengalami kelelahan saat bernapas.

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih atau YPP SCTV-Indosiar pun memutuskan untuk membantu memberikan pengobatan berupa operasi jantung pada Chairul. Hal ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hingga saat ini, sudah terhitung Chairul menjalani operasi serta perawatan di Rumas Sakit EMC Pulomas, Jakarta Timur. Kondisinya dikabarkan telah membaik secara signifikan dan akhirnya diperbolehkan pulang.

Chairul tampak bahagia dan aktif bergerak tanpa mengalami kelelahan seperti saat pertama kali ditemui oleh pihak YPP SCTV-Indosiar. Saat di rumah sakit, Chairul mendapat perhatian penuh dari para tenaga kesehatan. 

Tak sampai disitu, sebelum ia resmi kembali ke Garut, Chairul juga diberi kejutan berupa sepeda yang sejak lama ia impikan. Chairul pun memegang sepeda barunya dengan tersenyum lebar sambil mengucapkan terima kasih.

Bantuan untuk masyarakat khususnya anak-anak yang membutuhkan seperti yang dilakukan oleh YPP SCTV-Indosiar merupakan salah satu bentuk kepedulian dan pemenuhan harapan mereka agar dapat hidup dengan baik bersama-sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Saja Penyakit Kelainan Pada Jantung Manusia?

Ada banyak bentuk kelainan jantung dapat yang terjadi sejak lahir. Menurut WebMD, salah satu jenis kelainan ini adalah lubang di jantung, yang dapat terjadi di beberapa lokasi:

1. Lubang di Dinding Atrium (ASD)

Lubang ini terletak di antara atrium kanan dan kiri, memungkinkan darah kaya oksigen bercampur dengan darah yang belum teroksigenasi. Lubang pada ASD yang kecil terkadang dapat menutup sendiri, namun jika lubang tersebut berukuran sedang atau besar mungkin memerlukan operasi jantung terbuka atau prosedur kateter invasif minimal.

2. Lubang di Dinding Ventrikel (VSD)

Lubang ini terletak di antara ventrikel kanan dan kiri, menyebabkan darah kaya oksigen mengalir kembali ke paru-paru. 

3. Defek Kanal Atrioventrikular Lengkap (CAVC)

Merupakan kelainan septum paling serius, dengan lubang di jantung yang memengaruhi keempat bilik. CAVC menyebabkan darah kaya oksigen tidak mengalir dengan benar ke seluruh tubuh. Bentuk pengobatannya dapat dilakukan dengan operasi menggunakan tambalan.

 

3 dari 3 halaman

Apa Saja Ciri-ciri Jantung Bermasalah?

Kelainan jantung dapat menyebabkan berbagai gejala, tergantung pada jenis dan keparahannya. Beberapa gejala umum kelainan jantung bawaan meliputi:

  1. Sianosis: Kulit atau bibir berwarna kebiruan karena kekurangan oksigen dalam darah.
  2. Pernapasan cepat: Kesulitan bernapas, terutama saat beraktivitas.
  3. Detak jantung cepat: Jantung berdetak lebih cepat dari biasanya, bahkan saat istirahat.
  4. Pembengkakan: Pembengkakan di kaki, perut, dan sekitar mata akibat penumpukan cairan.
  5. Kelelahan: Kelelahan yang ekstrem, bahkan setelah melakukan aktivitas ringan.
  6. Pingsan: Kehilangan kesadaran, terutama saat berolahraga.
  7. Penumpukan cairan di tangan dan kaki: Pembengkakan di pergelangan kaki, tangan, atau kaki.

Gejala penyakit jantung bawaan dapat bervariasi dan tidak selalu muncul pada semua orang. Beberapa orang mungkin hanya mengalami gejala ringan, sementara yang lain dapat mengalami gejala yang lebih parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini