Sukses

4 Trik Cegah Uban Muncul di Usia Muda, Pastikan Banyak Makan Buah Sayur dan Tidak Merokok

Kemunculan uban atau rambut putih yang lebih cepat dapat dipicu berbagai faktor seperti genetik, stres, pewarna rambut, dan faktor lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya uban seiring bertambahnya usia adalah hal yang wajar. Namun, sebagian orang mulai ubanan bahkan sejak usia 20-an.

Kemunculan uban atau rambut putih yang lebih cepat dapat dipicu berbagai faktor seperti genetik, stres, pewarna rambut, dan faktor lainnya.

Jika faktor genetik atau penuaan adalah penyebab terjadinya uban, maka tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegahnya, seperti melansir Medical News Today.

Jika kekurangan pola makan dan vitamin adalah penyebab rambut putih dini, maka masih ada harapan untuk memperbaiki atau mencegahnya bertambah parah.

Beberapa trik mencegah ubanan di usia muda yakni:

Makan Lebih Banyak Antioksidan

Pola makan seseorang berperan dalam mencegah rambut putih. Pola makan kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif.

Makanan kaya antioksidan meliputi:

  • Buah-buahan dan sayuran segar
  • Teh hijau
  • Minyak zaitun
  • Ikan.

Mengatasi Kekurangan Vitamin

Siapa pun yang memiliki rambut putih akibat kekurangan vitamin harus mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Misalnya, makanan laut, telur, dan daging merupakan sumber vitamin B12 yang baik, sedangkan susu, salmon, dan keju merupakan sumber vitamin D yang sangat baik.

“Suplemen vitamin yang tersedia tanpa resep juga dapat memperbaiki kekurangannya,” kata mengutip tulisan yang ditinjau ulang praktisi perawat bidang dermatologi Amanda Caldwell, MSN, APRN-C dalam Medical News Today, Jumat (17/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhenti Merokok

Cara berikutnya untuk mencegah ubanan adalah berhenti merokok. Pasalnya, merokok memiliki efek buruk pada tubuh dan berkontribusi terhadap uban.

Oleh karena itu, berhenti merokok disarankan untuk mencegah terbentuknya uban baru. Para peneliti juga menemukan hubungan antara kebiasaan tersebut dan hilangnya pigmentasi rambut.

Perawatan Alami

Ada banyak pewarna rambut di pasaran yang dapat menutupi uban, tapi banyak di antaranya yang menyebabkan munculnya uban dini dan dapat menyebabkan reaksi alergi.

Alih-alih menggunakan produk kimia, Amanda lebih menyarankan perawatan alami yang dapat menawarkan alternatif untuk memperlambat pemutihan rambut. Perawatan alami tidak membahayakan tubuh atau menyebabkan kerusakan pigmen rambut lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Contoh Perawatan Alami Cegah Ubanan Dini

Beberapa perawatan rambut alami dapat menggunakan bahan alam seperti:

Daun Kari

Penggunaan daun kari untuk pengobatan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Jika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan pada kulit kepala, daun kari dapat memperlambat uban dini.

Sebuah laporan menyoroti penggunaan tradisional daun kari untuk mempertahankan warna rambut hitam dan bahkan mencegah uban dini. Daun kari dapat dibeli di supermarket India, serta toko kelontong tradisional.

Bhringaraj

Bhringaraj atau semacam bunga aster (daisy) dapat menggelapkan rambut dan mencegahnya menjadi putih lebih awal, menurut beberapa laporan.

Jus daunnya direbus dalam minyak kelapa atau minyak wijen dan dipijat ke rambut. Ini juga tersedia dalam bentuk minyak.

Gooseberry India

Gooseberry India atau disebut pula amla adalah suplemen herbal yang dikenal dapat membalikkan uban dini dengan meningkatkan pigmentasi. Efektivitasnya diyakini karena gooseberry kaya akan antioksidan dan sifat anti penuaan.

Amla tersedia sebagai buah di toko kelontong India. Ini juga dapat ditemukan dalam bentuk bubuk atau suplemen dan tersedia secara online atau di toko makanan kesehatan tradisional. Amla bisa dicampur dengan minyak kelapa dan dioleskan langsung ke kulit kepala.

4 dari 4 halaman

Sumber Alami Lainnya

Sumber alami lain yang dapat cegah ubanan dini adalah:

Teh hitam

Teh hitam dapat membuat rambut menjadi lebih gelap, berkilau, dan lembut. Ini dapat digunakan dengan menyeduh tiga hingga lima kantong teh ke dalam dua cangkir air mendidih, mendinginkannya, dan mengoleskannya ke rambut yang bersih dan basah.

Teh juga bisa dicampur dengan kondisioner, didiamkan di rambut selama satu jam, lalu dibilas.

Tembaga (Copper)

Kadar tembaga yang rendah dapat menyebabkan uban dini, menurut sebuah penelitian tahun 2012.

Sumber makanan yang baik mengandung tembaga adalah hati sapi, kacang lentil, almond, coklat hitam, dan asparagus.

Ridge Gourd

Ridge gourd atau di Indonesia dikenal dengan oyong juga dapat mengembalikan pigmen rambut dan menstimulasi akar rambut.

Umumnya, orang Indonesia mengolahnya menjadi sayur, tapi di India, biji oyong juga dapat diolah menjadi minyak yang kaya akan antioksidan.

Memijat kulit kepala dengan minyak biji oyong secara teratur dapat mencegah rambut memutih lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.