Sukses

3 Tips Tampil Cantik dan Flawless di Hari Raya Idulfitri

Kami telah menyusun daftar beberapa tips kecantikan Idul Fitri terbaik untuk Anda yang menjanjikan kulit mulus dan bercahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Idul Fitri sudah dekat dan ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan kulit Anda untuk mendapatkan kilau sehat dan flawless.

Berikut daftar beberapa tips kecantikan Idul Fitri terbaik untuk Anda yang menjanjikan kulit mulus dan bercahaya, dikutip dari laman Biolite Dubai. 

1. Tingkatkan rutinitas perawatan kulit sebelum Idul Fitri

Membersihkan

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Anda harus membersihkannya secara menyeluruh. Memilih pembersih yang sempurna untuk jenis kulit Anda sangatlah penting dan merupakan salah satu tips kecantikan Idul Fitri yang paling penting untuk diikuti sekarang dan sepanjang tahun.

  • Untuk kulit berminyak atau rentan berjerawat

Gunakan pembersih berbahan dasar gel salisilat atau benzoil peroksida berwarna bening.Untuk kulit kering atau matang: Pilihlah pembersih seperti susu yang bebas pewangi dan mengandung bahan pelembab seperti lidah buaya dan asam hialuronat.

  • Untuk kulit kombinasi:

Pilih pembersih berbentuk krim yang menghilangkan kotoran tetapi tidak mengelupas kulit. Gunakan kain muslin pada zona T saat mencuci muka.

Salah satu tips kecantikan Idul Fitri yang terbaik adalah mengatasi masalah kulit terlebih dahulu. Seperti waktu lainnya sepanjang tahun, memastikan bahwa Anda menggunakan bahan-bahan yang tepat untuk masalah kulit setiap hari sangatlah penting.

  • Garis halus dan kerutan:

Aplikasikan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

  • Kulit kering:

Gunakan bahan pelembap seperti lidah buaya, shea butter, asam hialuronat, ceramide, dan gliserin.

  • Pigmentasi:

Gunakan niacinamide dan asam azelaic setiap dua hari sekali. Meskipun bahan-bahan ini berfungsi meminimalkan pigmentasi, perawatan klinis adalah satu-satunya solusi untuk pigmentasi.

Catatan: Selalu gunakan SPF 25 atau yang lebih tinggi dan aplikasikan lebih sering saat menggunakan produk berbahan retinol atau asam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksfoliasi dan Lembapkan

Manusia kehilangan jutaan sel kulit setiap hari. Sel-sel mati yang berada di permukaan kulit membuat kulit tampak kusam. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan eksfoliasi kulit secara teratur. 

Pilih exfoliator fisik yang lembut seminggu sekali di area T-Zone. 

Gunakan exfoliator kimiawi AHA atau BHA 1-2 kali seminggu tergantung jenis kulit Anda.

  • Melembapkan:

Mengoleskan pelembap dua kali sehari adalah salah satu tips kecantikan terbaik untuk kulit bercahaya saat Idul Fitri. Ini berlaku untuk semua jenis kulit. Sinar matahari, polusi, dan usia dapat merusak kulit dan membuatnya kusam serta dehidrasi. Melembapkan kulit setiap hari membantu menjaganya tetap sehat dan bersinar.

Pilih pelembap dengan antioksidan yang bebas pewangi.

Penting untuk mengoleskan pelembap kulit dua kali sehari, tepat setelah mencuci muka.

 

3 dari 4 halaman

2. Tetap terhidrasi

Karena berpuasa setiap hari selama Ramadhan, Anda cenderung merasa dehidrasi. Kekurangan air bisa membuat kulit menjadi kusam dan kendur.

Minumlah air putih minimal delapan gelas setiap hari dan saat berbuka puasa, berbukalah dengan air lemon dan teh herbal serta makan 5-6 porsi buah dan sayur.

Amy Shah, MD bersertifikat ganda dan pakar puasa berkata, “Selama waktu makan Anda, pastikan untuk makan setidaknya 5-6 porsi sayuran, karena sayuran tersebut kaya akan kandungan air dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan baik.”

Ingat, konsepnya sederhana namun minum air yang cukup adalah salah satu tips kecantikan Idul Fitri yang paling penting untuk kulit tampak bercahaya dan segar.

4 dari 4 halaman

3. Fokus pada nutrisi

Sedangkan untuk pola makan, cara terbaik untuk tampil cantik dan flawless di saat Idul Fitri adalah dengan memperketat nutrisi Anda.

Setelah hampir sebulan berpuasa, jelang akhir Ramadan, Anda mungkin semakin sering berbuka puasa di luar bersama teman dan kerabat. Makan makanan tinggi karbohidrat dan gula yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan kulit kusam.

Oleh karena itu, seminggu jelang Idul Fitri, minimalkan asupan gula olahan dan karbohidrat, serta usahakan mengonsumsi lebih banyak protein dan serat saat berbuka puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.