Sukses

Menu Sahur yang Bikin Kenyang Lama, Kuat Sampai Sore

Dokter yang juga pemerhati kesehatan masyarakat Ngabila Salama mengingatkan untuk mengonsumsi makanan saat sahur dengan menu yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Dokter yang juga pemerhati kesehatan masyarakat Ngabila Salama mengingatkan untuk mengonsumsi makanan saat sahur dengan menu yang sehat. Lalu, pilih menu makanan yang bikin kenyang lama.

"Makanlah saat sahur yang membuat perut merasa kenyang lebih bertahan lama dan berenergi," kata Ngabila.

Ia memberikan beberapa hal yang bisa jadi ide menu sahur yang bikin kenyang lama dan bisa Anda coba besok pagi:

1. Sup Daging atau Ayam

Sayuran, serat, daging selain membuat kenyang terasa lebih lama juga dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh. Sup juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dengan kuah bening bukan krim.

 2. Nasi Merah

Nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih dan indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta. Indeks glikemik rendah dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh dan kenyang terasa lebih lama.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan juga memperbaiki dan membangun jaringan tubuh.

"Contohnya adalah kacang edamame yang dapat membuat kenyang bertahan lama," kata Ngabila dalam pesan teks yang ditulis Minggu, 31 Maret 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Telur

Salah satu sumber protein yang mudah diolah. Mengonsumsi telur yang dimasak matang akan menyehatkan dan membuat merasa kenyang lebih lama.

"Hal ini berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama," kata Ngabila.

3 dari 3 halaman

5. Buah Pisang

Buah seperti pisang membuat kenyang lebih lama selama berpuasa karena kaya mineral seperti magnesium dan potasium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini