Sukses

Ortu Perlu Perhatikan Ini Saat Akan Mudik Lebaran agar Anak Tidak Kelelahan di Jalan

Orangtua perlu mengantisipasi tiga risiko ketika mudik pada anak yakni penyakit infeksi, kelelahan, serta perubahan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi, tradisi mudik Lebaran akan dimulai. Agar anak tidak kelelahan saat perjalanan mudik, dokter spesialis anak subspesialis respirologi RS Umum Pusat Nasioal Dr Cipto Mangunkusumo dr Nastiti Kaswandani,Sp. A(K) menilai orangtua perlu mengatur waktu perjalanan mudik.

Menurutnya, orangtua perlu mengantisipasi tiga risiko ketika mudik yakni penyakit infeksi, kelelahan, serta perubahan lingkungan.

"Ketika bawa anak mudik maka harus antisipasi ketiga risiko seperti penyakit infeksi, kelelahan, dan perubahan lingkungan terkait udara atau pola makanan yang berbeda dengan sebelumnya yang bisa memengaruhi masalah kesehatan,” kata Nastiti dilansir Antara.

Masalah kelelahan bisa menimpa anak karena aktivitas yang lebih dari biasa, mulai dari perjalanan panjang ke kampung halaman atau saat bertemu orang banyak. Selama di lokasi mudik anak bisa saja sangat senang bertemu banyak orang sehingga melewatkan waktu tidurnya.

Jika demikian, maka waktu tidur anak jadi berantakan dan anak jadi kelelahan karena waktu tidur yang berkurang. Kelelahan bisa dicegah dengan tetap mendisiplinkan waktu tidur anak seperti biasa atau memilih waktu perjalanan yang ideal.

Bila mudik dengan kendaraan pribadi, orangtua bisa mengatur waktu istirahat dan mengambil perjalanan tidka terlalu jauh sehingga anak masih bisa menikmati perjalanannya.

“Ketika siang biasanya tidur siang, meskipun lokasi baru anak senang, maunya main, harus disiplin anak harus tidur. Itu bisa dilakukan untuk disiplin waktu sesuai jam normalnya sehingga anak tidak kelelahan dan malam anak bisa tidur,” kata Nastiti. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Perbedaan Lingkungan di Kampung Halaman

Kelelahan bukan hanya satu-satunya masalah kesehatan yang perlu diwaspadai ketika anak mudik. Ketika berada di keramaian, anak berisiko terserang penyakit infeksi yang ditularkan melalui udara, makanan, dan sentuhan orang karena kerumunan.

Masalah kesehatan lain yang dapat menimpa anak saat mudik adalah risiko perbedaan lingkungan di daerah asal dengan daerah tujuan, misal biasanya anak tidak suka dingin, namun, kampung halaman memiliki cuaca dan lingkungan yang dingin.

Orangtua perlu memperhatikan perbedaan cuaca dan lingkungan yang mungkin asing bagi anak agar anak tidak mengalami perubahan temperatur yang tiba-tiba yang menyebabkan anak sakit.

 

3 dari 4 halaman

Cegah Infeksi dengan Imunisasi dan Bawa Obat

Nastiti menyarankan sebelum mudik, orangtua memastikan melengkapi imunisasi anak untuk mencegah penyakit infeksi yang mungkin menular saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu, usahakan melakukan perjalanan sebelum puncak arus mudik agar anak tidak terlalu lama dalam perjalanan.

Dia juga menyarankan untuk membawa obat-obatan sesuai kondisi medis anak serta mencukupi asupan makanan dan cairan agar anak tidak terkena risiko dehidrasi.

 

4 dari 4 halaman

Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Sesuaikan juga pakaian yang digunakan anak ketika menaiki transportasi umum seperti jaket atau kaos kaki, dan terapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti memakaikan masker pada anak dan mencuci tangan.

“Orang dewasa yang bawa anak tidak boleh merokok karena akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih banyak, ketika sudah sampai di tempat tujuan harus dikenali fasilitas kesehatan terdekat antisipasi anak membutuhkan,” kata Nastiti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.