Sukses

Prediksi Jumlah Pemudik Saat Lebaran 2024 Capai 193 Juta Orang

Tahun ini, pemudik Lebaran berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta Survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan potensi jumlah pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2024. Tahun ini, pemudik berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

“Tahun ini, jumlah masyarakat yang akan mudik diperkirakan mencapai 71,7 persen atau sebanyak 193,6 juta orang,” kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito dalam rapat koordinasi di Jakarta, Jumat 15 Maret 2024).

“Angka ini meningkat dibanding mudik Lebaran tahun 2023 yakni 123,8 juta orang,” tambahnya.

Sementara, puncak arus mudik tahun 2024 diprediksi akan terjadi pada 5-7 April 2024. Sedangkan puncak arus balik pada 14-16 April 2024.

Sepanjang periode tersebut, pemerintah akan melakukan langkah antisipasi di antaranya kesiapan rest area, ledakan pengunjung di destinasi wisata, antisipasi bencana alam/cuaca ekstrem, ataupun antisipasi konflik sosial.

Warsito berjanji pihaknya akan terus memantau persiapan Idul Fitri melalui rapat koordinasi teknis dengan seluruh pihak terkait. Juga koordinasi secara daring untuk penyelesaian permasalahan teknis di lapangan.

Dalam rapat ini, Warsito juga mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan berbagai upaya agar hari kemenangan berjalan baik. Hal-hal yang diupayakan yakni:

  • Jaminan keamanan masyarakat dalam beribadah
  • Kesediaan pangan dan stabilitas harga pangan
  • Kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik dan balik Lebaran oleh masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upayakan 3 Hal Penting

Menurut Warsito, perayaan Idul Fitri tahun ini kemungkinan tidak ada perbedaan, meskipun tetap harus menunggu hasil sidang isbat di akhir Ramadhan nanti.

“Untuk itu, sesuai dengan arahan Presiden pada sidang kabinet bulan lalu, kita harus dapat menyiapkan dengan baik pelaksanaan Idul Fitri 1445 H dan arus mudik tahun 2024 ini.”

“Di antaranya agar memastikan tiga hal yaitu jaminan beribadah dengan khusyuk, ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, serta kesiapan infrastruktur jalan dan moda transportasi,” ujar Warsito mengutip laman resmi Kemenko PMK.

3 dari 4 halaman

Soal Mudik Gratis

Pada kesempatan ini, Warsito mengapresiasi Kementerian/Lembaga yang menyiapkan mudik gratis untuk masyarakat.

Ia berharap kelayakan moda transportasi agar menjadi prasyarat yang benar-benar diterapkan.

Terkait mudik gratis, Kemenhub telah membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut. Ada kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Antoni Arif Priadi, program mudik gratis ini bertujuan menekan pemudik menggunakan sepeda motor.

"Kami berharap program ini dapat memberikan kemudahan bagi pemudik dalam merayakan momen penting bersama keluarga tanpa harus merasa khawatir akan biaya dan kenyamanan perjalanan," ujar Antoni dalam keterangan resmi, mengutip Bisnis Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pendaftaran Program Mudik Gratis Kemenhub

Antoni mengatakan, program mudik gratis akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan. Rutenya khusus dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. Ada dua perjalan setiap rute dan sebaliknya.

"Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya," ucapnya.

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 5 dan 7 April, sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13 dan 15 April 2024.

Dia berharap program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan mudik mereka.

"Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta kondisi perjalanan yang selamat, aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat," ujar dia.

Bagi calon pemudik yang tertarik, pendaftaran untuk program mudik gratis ini dibuka sejak 13 Maret 2024-7 April 2024. Pendaftaran dapat dilakukan di laman resmi https://mudikgratis.dephub.go.id/.

"Melalui platform tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket mudik gratis," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.