Sukses

Hilang Rasa pada Pasangan, Begini Cara Mengatasinya Menurut Pakar Hubungan

Penyebab dan tanda kehilangan perasaan pada pasangan, inilah yang harus dilakukan menurut pakar hubungan

Liputan6.com, Jakarta Merasa hilang perasaan terhadap pasangan dalam hubungan bisa sangat membingungkan dan menyusahkan. Kadang-kadang, hal itu dapat membuat berpikir bahwa hubungan telah berakhir. Meskipun terasa sulit, perasaan tersebut bisa saja kembali.

Hubungan yang sehat membutuhkan usaha dan pemeliharaan yang berkelanjutan. Homeostasis romantis yang tercipta dengan susah payah ini dapat berkontribusi pada kesejahteraan dan umur panjang secara keseluruhan.

Jika Anda telah jatuh cinta namun belum siap untuk mengakhiri hubungan, ketahuilah bahwa masih ada harapan. Bergantung pada keadaan, dan motivasi kedua belah pihak untuk menemukan solusi, terdapat cara untuk mencintai seseorang lagi setelah kehilangan perasaan.

Dilansir dari Mind Body Green, ada berbagai alasan mengapa seseorang bisa kehilangan perasaan dalam suatu hubungan. Beberapa di antaranya mungkin sulit untuk diutarakan.

Meskipun begitu, penting untuk mencoba mengidentifikasi beberapa alasan umum yang mungkin ada, hal ini dapat membantu memperjelas situasi dan memahami penyebabnya.

“Orang-orang kehilangan perasaan ketika ada yang mengganggu keadaan yang biasa atau situasi yang sudah lama tidak berubah," kata terapis berlisensi dan pakar hubungan, Michele Leno Ph.D.

Leno juga menambahkan bahwa faktor-faktor situasional seperti stres keuangan, perubahan pekerjaan, atau relokasi dapat berpengaruh mengubah perasaan Anda.

Selain itu, perasaan diabaikan atau tidak diperhatikan dapat menciptakan jarak emosional. Kurangnya ketertarikan fisik juga dapat berkontribusi pada masalah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Anda Telah Kehilangan Perasaan Pada Pasangan

Menurut Amber Kelleher Andrews, pakar hubungan terkenal di dunia dan matchmaker profesional, berikut ini adalah beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa Anda telah kehilangan perasaan terhadap seseorang:

  • Berkurangnya kebahagiaan: Anda tidak lagi merasa bersemangat atau antusias untuk menghabiskan waktu dengan seseorang yang spesial. Kegiatan atau acara yang biasanya membawa kegembiraan dan antisipasi telah memudar, terasa biasa saja, atau tidak menarik.
  • Berkurangnya komunikasi: Ada penurunan yang nyata dalam frekuensi dan kualitas komunikasi antara Anda dan pasangan, seperti menghindari percakapan atau membuat percakapan menjadi singkat.
  • Hubungan emosional berkurang: Anda tidak lagi merasa terhubung secara emosional dengan orang yang Anda sayangi. Kebahagiaan atau kesedihan mereka mungkin tidak lagi memengaruhi Anda dengan cara yang sama seperti dulu.
  • Mudah terganggu: Anda merasa mudah jengkel atau terganggu oleh kebiasaan, perilaku, atau keunikan orang tersebut yang dulu dianggap menawan.
3 dari 4 halaman

Cara Mencintai Pasangan Lagi Setelah Kehilangan Perasaan

1. Renungkan alasan kehilangan perasaan

Luangkan waktu untuk merenungkan mengapa Anda kehilangan perasaan pada awalnya. "Identifikasi masalah mendasar, faktor eksternal, atau perubahan pribadi yang mungkin berkontribusi pada penurunan emosi," kata Kelleher Andrews

Dia menambahkan bahwa memahami alasan-alasan itu, dan mengomunikasikannya kepada pasangan adalah salah satu kunci untuk memulai sesuatu yang baru.

2. Memprioritaskan perawatan diri

Menurut terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Jeff Yoo, LMFT, terkadang, kehilangan perasaan adalah masalah pribadi dan tidak ada hubungannya dengan pasangan Anda.

"Prioritaskan kebutuhan Anda dan jaga diri Anda sendiri," katanya.

Ketika Anda mencurahkan energi untuk pekerjaan, rumah/keluarga hingga mengabaikan perawatan dan kebutuhan pribadi Anda, Anda akan menjadi stres dan emosional. Dengan mencintai diri sendiri lebih dalam, terkadang Anda bisa mendapatkan kembali cinta Anda untuk orang-orang dalam hidup Anda.

3. Fokus pada kualitas positif

"Temukan apa yang Anda sukai dari pasangan Anda, sesederhana apa pun itu. Ingatlah untuk menunjukkan penghargaan dan rasa terima kasih,” kata Kelleher Andrews. Bisa sesederhana senyum mereka.

Ini adalah kesempatan Anda untuk mengekspresikan penghargaan atas apa yang pasangan Anda lakukan dengan baik, dan mengakui kualitas positif mereka.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Menghadapinya?

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda ini tidak selalu berarti bahwa perasaan Anda bersifat permanen.

"Anda tidak terjebak—hubungan yang sehat biasanya mengalami naik turun dalam 'tanda-tanda' ini dari waktu ke waktu, dan pasangan masih bisa memiliki ikatan yang kuat sekali lagi," kata Kelleher Andrews.

"Saya suka melihat hubungan seperti air pasang yang tidak pernah berhenti. Emosi datang dan pergi seperti lautan. Ini karena kita bukanlah makhluk yang diam, kita adalah manusia dan kita bereaksi terhadap banyak keadaan di sekitar kita, dan hal ini mempengaruhi orang-orang yang kita cintai,” tambahnya.

Jadi, ketika kita menemukan diri kita berada dalam suatu masalah, ini adalah kesempatan untuk merenung ke dalam diri kita sendiri dan ingatlah untuk memberi diri Anda kelonggaran dan waktu untuk memikirkan semuanya.

Leno menyarankan hal ini mungkin juga melibatkan mengambil jarak dari orang yang Anda cintai, untuk memproses semuanya. Jangan takut untuk beristirahat. Waktu menyendiri dapat membantu Anda memilah-milah pikiran dan perasaan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini