Sukses

Wakil Ketua MPR: Perempuan Punya Peran Penting dalam Pencegahan DBD

Kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dalam pencegahan DBD

Liputan6.com, Jakarta - Diskusi Publik 'Membangun Kepemimpinan Perempuan di Sektor Kesehatan' diselenggarakan oleh Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS-UI) dan PT Takeda Innovative Medicines dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret setiap tahunnya.

Tujuan kegiatan ini adalah mendukung tema 'Inspire Inclusion' yang menegaskan peran perempuan dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Diskusi Publik ini menghadirkan para panelis yang merupakan Pemimpin Perempuan Inspiratif yang akan berbagi pengalaman dan inspirasi mereka dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Ketua PKJS-UI, Ir Aryana Satrya, M M PhD menyampaikan harapannya agar diskusi ini dapat menginspirasi perempuan di Indonesia untuk peduli terhadap isu kesehatan dan menciptakan perubahan positif terkait dengan derajat kesehatan di Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI, Dr Lestari Moerdijat SS M M mengungkapkan pentingnya inklusi dalam upaya penguatan sektor kesehatan dan mengimbau masyarakat untuk memperkuat pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan komprehensif. Mengingat DBD yang semakin merebak di berbagai wilayah, dengan menerapkan 3M Plus dan vaksinasi DBD sebagai opsi pencegahan.

Lebih lanjut, Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPAI), Lenny N Rosalin SE MSc MFin menyambut baik kegiatan ini dan mengajak perempuan di Indonesia untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitasnya.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Dr. Dra. L. Rizka Andalusia, Apt., M.Pharm., MARS menegaskan kontribusi besar perempuan dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mengajak perempuan untuk berperilaku hidup sehat agar dapat menyampaikan pesan kesehatan dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencegahan DBD di Tingkat Rumah Tangga

Di tingkat rumah tangga, perempuan memiliki tanggung jawab strategis dalam mengelola dampak kesehatan dari perubahan iklim. Hal ini termasuk menyediakan akses ke air bersih, pengelolaan limbah, dan pencegahan penyakit.

Michelle Erwee, Global Head of Access to Medicines PT Takeda Innovative Medicines, menegaskan komitmen Takeda dalam mendorong kepemimpinan perempuan yang menginspirasi inklusi. Takeda juga berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Indonesia dan menjadi mitra terpercaya bagi masyarakat.

Dalam kesimpulannya, diskusi publik ini merupakan upaya untuk menginspirasi perempuan di Indonesia agar lebih peduli terhadap isu kesehatan dan menciptakan perubahan positif terkait dengan derajat kesehatan di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.