Sukses

Arti Mimpi Pasangan Selingkuh Menurut Para Ahli

Mendapatkan mimpi yang berisi pasangan selingkuh dapat menimbulkan perasaan curiga hingga cemas.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda terbangun dengan perasaan cemas dan panik karena mimpi pasangan berselingkuh

Mimpi pasangan selingkuh bisa menjadi pengalaman yang mengganggu dan menakutkan. Hal ini wajar, karena mimpi tersebut dapat menimbulkan keraguan dan ketidakpercayaan dalam hubungan.

Memimpikan pasangan selingkuh adalah mimpi yang umum dan termasuk dalam lima besar mimpi yang sering dialami orang. Mimpi ini bisa membuat Anda panik dan khawatir, namun menurut Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi bersertifikat yang dilansir dari Eliet Daily, mimpi ini tidak selalu menunjukkan adanya masalah dalam hubungan Anda.

Jika Anda tiba-tiba bermimpi ini tanpa ada riwayat perselingkuhan dalam hubungan Anda saat ini, maka tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan para ahli memiliki beberapa jawaban atas alasan dibalik hal tersebut.

1. Anda Merasa Tertinggal dalam Hubungan

"Mimpi bersifat simbolik dan jika Anda memperhatikannya, Anda pasti tidak akan melewatkan pesan dibalik mimpi tersebut. Tapi, itu juga dapat membuat Anda frustasi," jelas Loewenberg.

Menurut Loewenberg, alasan yang paling masuk akal dari mimpi ini adalah Anda sedang memiliki perasaan tertinggal atau terpinggirkan dari kehidupan pasangan. Anda merasa terdapat hal lain yang menjadi fokus utama dari pasangan Anda sehingga anda tidak mendapatkan perhatian utama. 

Hal ini dapat Anda perhatikan hal ini melalui 'seseorang' yang dimimpikan memiliki hubungan gelap dengan pasangan Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pasangan Tidak Memprioritaskan Anda Akhir-Akhir Ini

Loewenberg mengatakan bahwa mimpi ini bisa menjadi tanda bahwa pasangan Anda lebih memihak pada orang atau hal lain daripada Anda. Mimpi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ketakutan Anda akan ketidaksetiaan pasangan atau prioritas mereka yang berbeda.

Pagano, seorang psikoterapis, setuju bahwa mimpi ini biasanya mewakili sesuatu yang lain yang menjadi perhatian pasangan Anda. Orang yang menjadi pasangan dalam mimpi tersebut melambangkan prioritas alternatif mereka.

Penting untuk memperhatikan perasaan cemburu yang muncul ketika fokus pasangan Anda berada di tempat lain.

Komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pasangan tentang perasaan Anda dan apa yang mungkin memicu mimpi ini sangatlah penting. Pasangan mungkin tidak menyadari bahwa Anda merasa diutamakan rendah dan percakapan ini dapat membantu Anda berdua untuk saling memahami dan memperkuat hubungan.

3. Anda Sedang Mengalami Trust Issue

Mimpi pasangan selingkuh bisa menjadi tanda Anda memiliki trust issue atau masalah kepercayaan. Pamela Cummins, ahli penerjemah mimpi, mengatakan mimpi ini bisa jadi cara bawah sadar Anda menyelesaikan kekhawatiran tentang pasangan.

Namun, jika Anda memiliki hubungan yang bahagia dan sehat, mimpi ini bisa jadi tentang masalah masa lalu. Cummins menyarankan untuk menggali lebih dalam tentang nuansa mimpi untuk memahami maknanya.

Salah satu elemen penting adalah dengan siapa pasangan Anda berselingkuh dalam mimpi. Pagano mengatakan penting untuk mencatat apakah mereka adalah orang yang Anda kenal dan apa yang mereka wakili untuk pasangan Anda. 

 

3 dari 3 halaman

Cara Menghadapi Kegelisahan

Menurut Loewenberg, salah satu cara untuk memahami arti orang ketiga dalam mimpi perselingkuhan adalah dengan permainan asosiasi kata. Perhatikan gambar, perasaan, kenangan, dan kata-kata yang muncul saat memikirkan orang ketiga tersebut. Apakah mereka memunculkan kekhawatiran atau mencerminkan sifat pasangan Anda belakangan ini?

Emosi dalam mimpi juga penting, kata Cummins. Mimpi bahagia memiliki makna berbeda dengan mimpi penuh kemarahan. Lokasi kejadian juga memengaruhi interpretasi. Perselingkuhan di kamar tidur masa kecil Anda memiliki makna berbeda dengan di atas atap.

Identitas orang ketiga juga bisa memberikan petunjuk. Jika pasangan berselingkuh dengan rekan kerja, itu bisa berarti mereka lebih fokus pada pekerjaan daripada hubungan. Jika dengan mantan, Loewenberg percaya itu menandakan Anda merasa dihantui oleh aspek hubungan masa lalu mereka.

Menurut Loewenberg, tidak ada yang acak dalam mimpi, termasuk mimpi tentang pasangan selingkuh. Setiap detail dalam mimpi tersebut merupakan bagian dari teka-teki yang dapat membantu kita memahami maknanya.

Loewenberg menyarankan untuk memperhatikan perilaku pasangan dalam mimpi. Apakah mereka menyangkal perselingkuhan, berselingkuh secara terang-terangan, atau menunjukkan penyesalan? Perilaku ini dapat mencerminkan perasaan atau masalah yang tersembunyi dalam hubungan Anda.

Mimpi tentang perselingkuhan memang tidak menyenangkan, tetapi Loewenberg mendorong kita untuk melihatnya sebagai kesempatan untuk introspeksi dan komunikasi. Mimpi tersebut dapat membantu kita mengidentifikasi masalah yang perlu diperbaiki atau dibicarakan dengan pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini