Sukses

Komeng Kenang Momen-Momen Menyerahkan Foto untuk Surat Suara Pemilu 2024: Orang KPU Ketawa

Komeng Ungkap Alasan Serahkan Foto Nyeleneh ke KPU

Liputan6.com, Jakarta - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat, Alfiansyah Komeng, terpantau masih merajai perolehan suara di daerah pemilihan Jawa Barat. Menurut hasil rekapitulasi hitung suara (real count) situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 15 Februari 2024 pukul 12.50 WIB, Komeng mengantongi 219.068 suara.

Perolehan suara yang masuk baru 48.110 dari 140.457 TPS di Jawa Barat. Meskipun suara yang terkumpul baru 34,25 persen, tapi Komeng masih mengungguli kandidat lain yang bertarung di pemilihan DPD Jawa Barat.

Dalam sebuah kesempatan, komedian senior Tanah Air yang terkenal dengan jargon 'Uhuy' mengenang masa-masa menyerahkan foto dengan pose nyeleneh ke KPU, untuk dicantumkan di surat suara pada Pemilu 2024.

Gara-gara pose itu, Komeng langsung menjadi buah bibir netizen karena membawa angin segar di tengah hawa panas pada hari pencoblosan yang berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024. Dari banyaknya foto yang tersebar, pria kelahiran 53 tahun silam tampak mengenakan baju biru dengan ekspresi seperti orang terkejut.

Menurut Komeng, KPU menyarankan kepada semua calon untuk memperlihatkan ciri khas masing-masing atau mengenakan pakaian adat untuk foto yang akan dicantumkan di surat suara. Namun, Komeng malah memberikan foto itu.

"Tapi saya kasih foto itu ke orang KPU. Orang KPU-nya ketawa," kata Komeng seperti dikutip dari Antara.

Mengetahui respons KPU yang seperti itu, Komeng kembali bertanya guna memastikan apakah boleh dirinya menggunakan foto yang seperti itu. Hasilnya, KPU memperbolehkannya.

"Ya sudah berarti kalau enggak melanggar saya kasih foto yang itu," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komeng Ingin Tampil Beda

Komeng mengungkapkan bahwa alasannya menyerahkan foto yang mengundang gelak tawa itu lantaran ingin tampil berbeda. "Cuma mau (tampil) beda saja. Saya suka yang tidak pasaran, mulai dari gaya hingga konsep melawak," tambahnya.

Upaya Komeng menjadi 'beda' ternyata sangat berhasil. Gara-gara pose nyeleneh itu, calon pemilih yang semula bingung mau mencoblos siapa, jadi tergerak untuk memilih Komeng.

Hal ini seperti diungkap Agustin Wardhani, kepada Liputan6.com pada hari kemarin. Wanita 33 tahun ini memilih di TPS 33 Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Pas aku buka kertas suara, ada lima, kan? Bingung tuh mau milih siapa. Pas buka (surat suara) DPD, banyak juga dan enggak ada nama partainya. Jadinya aku cari wajah-wajah familiar, eh, ada bang Komeng. Langsung coblos deh," katanya.

"Karena aku duluan yang coblos, langsung deh kasih tahu bokap, nyokap, sama suamiku, suruh mereka pilih Komeng," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Komeng 'Ganti Nama' Demi Pemilu 2024 Sejak 2023

Permohonan pergantian nama komedian Komeng untuk keperluan pencalonan di DPD RI pada Pemilihan Legislatif 2024 telah dikabulkan oleh Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Informasi ini disampaikan oleh Humas PN Kelas IA Cibinong, Amran S Herman, yang mengungkapkan bahwa hakim sudah menyetujui permohonan tersebut pada bulan Mei 2023.

Pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami, yang dikenal sebagai Komeng, menambahkan nama panggungnya di bagian belakang namanya, sehingga menjadi 'Alfiansyah Bustami Komeng'. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan untuk mendukung kesuksesan Komeng dalam Pemilu 2024, di mana pergantian nama diharapkan mempermudah masyarakat mengenali dirinya di kertas suara.

Alasan pergantian nama ini, menurut Amran, terkait dengan keinginan Komeng untuk mencapai sukses dalam Pemilu 2024, baik sebagai calon anggota legislatif maupun anggota DPD. Komeng sebelumnya mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Jabar, dengan proses pendaftaran yang melibatkan verifikasi administrasi dan faktual.

Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, menjelaskan bahwa Komeng telah melewati tahap verifikasi administrasi dan faktual setelah mengumpulkan dukungan warga sekitar 6.000 orang. Dengan kelengkapan dokumen persyaratan, Komeng resmi mendaftar sebagai bakal calon DPD RI, menunjukkan komitmennya dalam perhelatan politik di Pemilu 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini