Sukses

Pemilu 2024 di Depan Mata, Petugas KPPS Perlu Jaga Kesehatan agar Tetap Prima

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2024 sudah di depan mata. Individu yang bergabung dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) perlu menjaga kesehatan jelang puncak pesta demokrasi di Indonesia.

Praktisi kesehatan masyarakat Ngabila Salama menyampaikan kita jaga keseahtan bagi anggota KPPS yang akan bertugas pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Sehat dimulai dari diri sendiri, tidak hanya fisik tapi juga mental. Petugas KPPS penting peduli akan kesehatannya selama menjalankan tugas negara ini," kata Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari di Jakarta, Minggu, dilansir Antara.

Kesehatan para petugas KPPS harus dalam kondisi prima, kata Ngabila, agar bisa menjalankan tugas dengan baik saat pemilu.

Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang serta minum suplemen vitamin C dan D3, menjadi kiat yang disarankannya.

Menurut Ngabila, anggota KPPS yang akan bertugas dalam pemilu sebaiknya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir usai aktivitas.

Lalu, selama menjalankan tugas, anggota KPPS juga disarankan melakukan peregangan lima sampai 10 menit setiap dua jam dan memastikan asupan air minum terpenuhi.

"Hindari juga minuman kemasan, soda, dan minuman berenergi yang mengandung kadar gula tinggi," kata Ngabila.

Selain itu, dia menganjurkan para petugas KPPS untuk mencukupkan istirahat sebelum menjalankan tugas.

"Pastikan juga untuk istirahat cukup, minimal tujuh jam sehari. Jangan stres, lebih baik berbagi tugas dengan team work (tim kerja) yang baik dan saling toleransi, empati," katanya.

Dia berpesan kepada para petugas KPPS agar segera menghubungi petugas kesehatan jika merasa sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anggota KPPS Perlu Terapkan 4C

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan dr. Nida Rohmawati, MPH mengatakan, anggota KPPS perlu menerapkan 4C untuk menjaga keseahtan tubuh selama bertugas dalam Pemilu 2024. Dia menjelaskan bahwa 4C adalah cukup tidur, cukup minum, cukup makan, dan cukup berolahraga.

"C pertama adalah cukup tidur, minimal 6 sampai 8 jam sehari. Saat ini mereka sudah sibuk lho, katanya sampai begadang juga. Menyiapkan tempat, menyiapkan kertas suara," kata Nida dalam KemenCast episode 62 dengan topik "Kesiapan Bidang Kesehatan di Pemilu 2024" yang disimak di Jakarta, Senin.

Menurutnya, KPPS sebaiknya tidak begadang, atau kurang tidur berhari-hari menjelang pelaksanaan pemilu, karena hal tersebut akan memberatkan tubuh. Saat malam, ujarnya, sebaiknya langsung tidur selama 8 jam sebelum penyelenggaraan pemilu berlangsung.

 

3 dari 3 halaman

Hindari Dehidrasi dengan Perhatikan Asupan Air Putih

C selanjutnya, ujar Nida, yaitu cukup minum. Dia mengingatkan para petugas KPPS untuk selalu minum air putih, serta mengurangi minum kopi, minuman manis, dan alkohol.

"Karena dehidrasi, kekurangan minum, itu menjadi faktor risiko terjadinya kesakitan dan kematian pada 5 tahun yang lalu. Kami harapkan jangan lupa minum air putih. Kurangi minum kopinya dan minuman manis atau minuman kemasan yang manis," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini