Sukses

BMKG Prediksi Mayoritas Wilayah Indonesia Hujan, Jakarta Diliputi Mendung Tebal hingga Hujan Sedang

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan diperkirakan akan mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia pada hari ini, Minggu, 4 Februari 2024.

Melalui keterangan resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas ringan bakal mengguyur sejumlah wilayah seperti Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Yogyakarta, Palangka Raya, Mataram, Kendari, Ambon, dan Manokwari.

Sementara hujan dengan intensitas sedang diprakirakan bakal turun di Semarang, Surabaya, dan Makassar, dengan suhu udara berkisar antara 24-34 derajat Celsius.

Sedangkan hujan disertai petir diperkirakan akan mengguyur wilayah Bandung, Banjarmasin, Kupang dan Samarinda. BMKG secara khusus memperingatkan warga Samarinda untuk berhati-hati karena hujan petir diprediksi akan terjadi sepanjang hari.

Beberapa wilayah seperti Padang, Tanjung Pinang, Pontianak, Denpasar, Mamuju, dan Ternate diprakirakan akan berawan, serta DKI Jakarta dengan awan yang lebih tebal.

Sedangkan cuaca cerah berawan diprakirakan meliputi Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Palembang, Gorontalo, Manado, dan Jayapura.

Imbauan Kepala BMKG

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan di Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," katanya, dilansir Antara.

Sedangkan untuk daerah dataran tinggi atau rawan longsor dan banjir, ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Cuaca di Jakarta pada Minggu, 4 Februari 2024

BMKG memprediksi, pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan mengalami hujan sedang, sedangkan Jakarta Pusat akan berawan tebal dan Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu diperkirakan berawan.

Pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta kecuali Jakarta Selatan akan cerah berawan sementara Jakarta Selatan berawan.

Sedangkan pada Senin dini hari, cuaca di Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu berstatus berawan. Sementara Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara cerah berawan.

Untuk suhu rata-rata di Jakarta pada Minggu di angka 24 hingga 30 derajat celsius. Jakarta Barat 24-30 derajat celsius, Jakarta Pusat 24-29 derajat celsius, Jakarta Selatan 24-30 derajat celsius, Jakarta Timur 24-30 derajat celcius, Jakarta Utara 24-29 derajat celsius, dan Kepulauan Seribu 25-27 derajat celsius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini