Sukses

Cara Ampuh Cegah Diare pada Anak, Salah Satunya Perhatikan Keamanan MPASI

Cegah Diare pada Anak, Pentingnya Perhatikan Keamanan MPASI

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 2024, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pemerintah Indonesia menekankan pentingnya pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

Menurut Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Lovely Daisy MKM, salah satu aspek yang sering diabaikan tapi krusial adalah keamanan dalam penyimpanan dan persiapan MPASI.

Dijelaskannya bahwa persyaratan pemberian MPASI tidak hanya mencakup waktu yang tepat dan kebutuhan gizi, tapi juga aspek keamanan.

"MPASI diberikan dengan cara yang benar (Aman), ini artinya diberikan secara terjadwal dan juga mengikuti respons lapar dan kenyang dari anak-anak," ujar Lovely Daisy dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 30 Januari 2024, siang.

Hal ini, lanjut Lovely, menjadi langkah krusial dalam mencegah infeksi dan diare pada anak-anak, yang dapat terjadi jika kebersihan tidak dijaga dengan baik.

Sementara itu, Community Manager Yunikon dari PT Anugerah Sejati Laras, Christine Tjipto, menyoroti pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama dalam konteks persiapan MPASI, dalam mendukung upaya menjaga kebersihan.

"Pasca pandemi COVID-19, perilaku hidup bersih dan sehat sering dilupakan. Namun, inilah titik awal terjadinya kontaminasi pada tangan dan alat-alat makan dalam mempersiapkan MPASI untuk anak," ujarnya.

Sebagai solusi praktis, Christine merekomendasikan penggunaan produk antibakteri, seperti tisu basah dan hand sanitizer, guna memastikan kebersihan tetap terjaga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kebersihan Cegah Diare

Sebagai produsen produk tersebut, Yunikon tidak hanya menekankan pada keamanan, juga memberikan kemudahan dengan desain kemasan yang menarik.

Menurut Christine, produk Yunikon telah terbukti menggunakan bahan berstandar food grade, aman untuk digunakan bahkan untuk bayi.

"Saat mempersiapkan bahan dan alat makan MPASI, kebersihan sering dilupakan. Oleh sebab itu, produk antibakteri seperti tisu basah dan hand sanitizer menjadi pilihan untuk memastikan tetap higienis tapi praktis," kata Christine.

Melalui misinya, Yunikon berkomitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan sehari-hari. Produk ini hadir sebagai upaya pencegahan kejadian diare pada anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini