Sukses

Bahaya Anak Terlalu Banyak Minum Susu, Perhatikan Jumlah yang Direkomendasikan

Terlalu banyak susu justru dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia kekurangan zat besi dan hilangnya protein dari usus.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun benar bahwa susu bisa menjadi bagian besar dari kebiasaan sehat untuk anak-anak, terlalu banyak minum susu justru dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia kekurangan zat besi dan hilangnya protein dari usus.

Apa itu anemia kekurangan zat besi?

Zat besi adalah mineral penting yang kita dapatkan dari diet kita yang tubuh kita gunakan untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membantu memberikan oksigen ke berbagai jaringan dalam tubuh kita.

Anemia kekurangan zat besi terjadi ketika Anda memiliki kadar hemoglobin yang rendah di dalam tubuh Anda karena tidak cukup zat besi.

Sementara Air Susu Ibu (ASI) sumber zat besi yang baik untuk bayi hingga usia enam bulan. Setelah enam bulan, susu saja tidak memberikan cukup zat besi, itulah sebabnya makanan padat harus diperkenalkan kepada anak-anak.

Gejala umum anemia kekurangan zat besi termasuk kulit pucat, kurangnya energi dan sesak nafas setelah aktivitas, menurut informasi dari situs Children’s National Hospital pada 15 Januari 2024.

Apa yang menyebabkan hilangnya protein dari usus?

Kehilangan protein dari usus atau protein kehilangan enteropati, terjadi ketika seorang anak minum terlalu banyak susu, menyebabkan kadar protein yang rendah dalam darah. Akibatnya, menyebabkan pembuluh darah mengalir cairan ke jaringan yang menyebabkan pembengkakan kaki, punggung dan wajah. Ini juga dapat menempatkan Anda dalam risiko infeksi.

Kehilangan protein dan pembengkakan dapat disebabkan oleh gangguan lain sehingga dokter anak Anda akan mengajukan pertanyaan tentang kesehatan secara keseluruhan dan gejala anak Anda untuk menentukan penyebabnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Kehilangan Protein Enteropati

Gejala kehilangan protein enteropati meliputi:

  • Pembengkakan kaki, kaki dan kram otot wajah atau kelemahan cairan ekstra di sekitar paru-paru
  • Perut mengecil

Bagaimana saya dapat mencegah anak dari anemia kekurangan zat besi atau kehilangan protein enteropati?

Untuk mencegah anak Anda mendapatkan anemia kekurangan zat besi atau protein kehilangan enteropati, pastikan mereka minum tidak lebih dari jumlah harian yang direkomendasikan dari susu sapi.

Untuk bayi, jumlah yang direkomendasikan adalah sekitar 250-500 mL atau 1-2 cangkir per hari. Melebihi jumlah ini dapat menyebabkan masalah.

Bagaimana anemia kekurangan zat besi dan kehilangan protein enteropati diatasi?

Kekurangan zat besi dan hilangnya protein dari usus karena asupan susu berlebihan diatasi dengan mengurangi jumlah susu yang diminum oleh anak dan meningkatkan jumlah makanan kaya besi dalam diet mereka. Seringkali, suplemen zat besi juga dianjurkan.

3 dari 3 halaman

Berapa Banyak Susu yang Sebaiknya Anak Minum?

Merujuk Department of Agriculture Amerika Serikat, bayi di bawah dua minum 1 dan dua pertiga hingga 2 cangkir makanan susu setiap hari. Setelah usia 2 tahun, seorang bayi dapat minum sedikit lebih banyak susu, antara 2 dan 2,5 cangkir per hari.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan jumlah yang sama untuk anak-anak di bawah 2 tahun - 1 dan dua pertiga hingga 2 cangkir per hari. Namun, CDC juga menyarankan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak susu sapi dapat menekan nafsu makan anak untuk makanan kaya nutrisi lainnya.

Orangtua juga dapat mempertimbangkan memberikan susu dalam cangkir setengah penuh setelah makan, yang dapat membantu memperlambat minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.