Sukses

Ini 6 Trend Hidup Sehat yang Dipredisi Akan Mendominasi di Tahun 2024

Ini Tren Hidup Sehat Tahun 2024 yang Harus Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Resolusi hidup lebih sehat seringkali tercetus dari mulut banyak orang jelang pergantian tahun. Termasuk saat akan akan meninggalkan 2023 dan bertemu Tahun Baru 2024.

Menurut penerawangan Vice President Sport Performance and Fitness Education and Vice Chair, Fitness Advisory Board at Herbalife, Samantha Clayton, resolusi tahun baru 2024 kebanyakan orang masih sama kayak tahun-tahun sebelumnya.

Fokus pada hidup lebih aktif, rajin berolahraga seminggu tiga kali, dan mulai sadar untuk menggabungkan olahraga kardio dan angkat beban.

Samantha kemudian, mengatakan, selain keinginan untuk tampil menarik, masyarakat juga menyadari pentingnya kebugaran untuk kegiatan sehari-hari dan menghargainya sebagai aspek mendasar dari kesejahteraan secara keseluruhan.

"Kesejahteraan holistik yang menyeluruh akan tetap ada, menyadari bahwa kesehatan fisik terkait erat dengan kesejahteraan mental, nutrisi, dan istirahat yang berkualitas," kata Samantha dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu 13 Januari 2024.

Lebih lanjut Samantha mengatakan bahwa menjadi lebih aktif di tahun ini jauh lebih mudah untuk dilakukan lantaran teknologi, inovasi, dan kosep ilmu olahraga yang telah berkembang.

"Menjanjikan tahun 2024 sebagai tahun yang tepat untuk fokus pada keinginan menjadi bugar dan menjalani kehidupan terbaik kamu," katanya.

Tren 2024 yang Berkaitan dengan Hidup Sehat

Samantha pun memprediksi beberapa hal yang akan menjadi tren di 2024

Perangkat Pelacak Kebugaran

Pelacakan kebugaran kini menggunakan pendekatan yang lebih canggih. Teknologi baru tidak hanya mengeksplorasi seberapa banyak kamu bergerak, tapi juga seberapa banyak kamu istirahat. Juga mengecek bagaimana denyut jantung kamu berfluktuasi.

Pelacakan ini tersedia dan ditampilkan kepada pengguna dengan cara yang terasa intuitif dan mudah dipahami.

Ada beberapa pelacak yang dapat dikenakan di pasaran termasuk jam tangan, gelang, dan aplikasi yang semuanya memberikan informasi untuk membantu pengguna memahami kebiasaan gaya hidup mereka.

Meskipun tidak ada algoritma yang sempurna dan 100 persen akurat, Samantha mengatakan ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang menggunakan perangkat pelacak cenderung lebih bertanggung jawab dan berolahraga lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilates

Pilates sudah ada sejak 1920-an tapi karena sangat efektif, pilates menjadi tren yang telah dan akan terus menjadi yang terdepan dan utama dalam dunia kebugaran.

Selama beberapa tahun terakhir, kita juga melihat banyak olahraga yang menggabungkan tinju dan pilates (Piloxing) atau latihan beban dan pilates.

Kamu dapat berlatih dan menikmati manfaat pilates dari rumah dengan kelas on-demand atau bersama orang lain di studio kebugaran terdekat.

Lari Masih Jadi Tren Kebugaran 2024

Faktanya, perlombaan lari dari 5K hingga full marathon mengalami lonjakan di seluruh Amerika Serikat pada 2022, dan banyak perlombaan, termasuk Maraton dan Turkey Trots, di AS memecahkan rekor partisipasi pada tahun 2023. 

Dijelaskan Samantha bahwa lari adalah olahraga yang berguna membangun kebugaran kardiovaskular, daya tahan otot, dan kekuatan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa manfaat lari bagi kesehatan mental sangat besar, terutama terkait dengan peningkatan suasana hati.

Hanya sedikit hambatan untuk masuk ke dunia lari karena yang kamu butuhkan hanyalah sepatu, semangat untuk bangun, dan berlari.

"Kabar baik untuk mereka yang lebih suka berjalan kaki adalah manfaat jalan kaki sama mengesankannya dengan berlari," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Gabung Komunitas Kesehatan

Menurut Samantha, orang-orang kembali tertarik pada kelas tatap muka termasuk senam dan bootcamp.

Dengan gabung komunitas, semangat untuk tetap menjalankan pola hidup sehat dan aktif tidak pernah kendur.

Selain lari, komunitas dari olahraga HIIT, aerobik, dan senam menggunakan karet elastis (band) akan menjadi sangat populer.

Kecerdasan Buatan (AI)

Pengalaman kebugaran yang dipersonalisasi akan menjadi mega tren dalam beberapa tahun ke depan.

Dikombinasikan dengan perangkat pelacak, AI berjanji merevolusi pemrograman olahraga untuk memenuhi setiap individu di mana mereka berada dalam perjalanan kesehatan mereka, serta membimbing mereka menuju tujuan kebugaran pribadi mereka sendiri.

Algoritma AI dalam aplikasi terus berkembang dan akan mampu memandu pengguna melalui berbagai rutinitas untuk mencapai kebugaran.

 

4 dari 4 halaman

Pendekatan yang Holistik dan Terarah

Kebugaran hanyalah salah satu pilar dari strategi untuk mencapai kesehatan optimal. Pendekatan holistik yang mencakup memenuhi nutrisi yang baik, pilihan gaya hidup yang aktif, mengurangi stres, dan perbaikan kebiasaan tidur semakin menjadi hal yang biasa.

Selain fokus yang menyeluruh ini, program-program yang ditargetkan untuk populasi khusus seperti pencegahan diabetes, pasca kehamilan, anti-penuaan, atau kebugaran berbasis rehabilitasi sedang menjadi tren.

Masyarakat ingin menjadi spesifik dan tidak membuang-buang waktu, dan industri mendengarkan serta memberikan solusi inovatif.

"Di tahun 2024, saya mengajak semua orang untuk bergabung dalam gerakan menuju kesejahteraan holistik, dan menerapkan gaya hidup yang merawat tubuh, pikiran, dan jiwa kita," kata Samantha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini