Sukses

Tak Cuma Anak-Anak, Terlalu Lama Menatap Layar Ponsel Juga Bisa Berdampak pada Orang Dewasa

Orang dewasa harus menentukan sendiri batasan yang tepat mengenai durasi menatap layar ponsel mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya anak-anak yang terkena dampak terlalu banyak waktu menatap layar ponsel—orang dewasa juga merasakan efek sampingnya.

"Namun tidak seperti pedoman waktu penggunaan perangkat pada anak-anak, orang dewasa harus menentukan sendiri batasan yang tepat," kata Dimitri A. Christakis, MD, dokter anak di Rumah Sakit Anak Seattle dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, kepada Health.

“Asumsi yang salah adalah bahwa orang dewasa dapat menggunakan layar mereka sendiri secara bertanggung jawab,” katanya.

Yalda T. Uhls, PhD, asisten profesor di UCLA, memiliki pandangan berbeda. Dia berharap orang dewasa bisa lebih memikirkan cara-cara positif dalam menggunakan media dan tidak menyalahkan diri sendiri tentang batasan waktu pemakaian gawai.

Meskipun kita mungkin tidak memiliki pedoman yang jelas tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan di depan layar, kita tahu sedikit tentang manfaat dan bahaya jika terlalu terpaku pada gadget. Dari situ, diperlukan refleksi diri untuk mengetahui apakah Anda perlu mengurangi jumlah screen time yang Anda habiskan di media digital.

Inilah yang harus dipertimbangkan orang dewasa terkait rata-rata waktu pemakaian perangkat mereka.

Durasi Rata-Rata Orang Dewasa Tatap Layar Gawai

Meskipun orang dewasa mungkin memiliki kontrol diri yang lebih besar dibandingkan anak-anak, hal ini tidak secara otomatis menunjukkan rendahnya waktu pemakaian gawai, dilansir Health. 

Menurut laporan digital tahun 2023, rata-rata waktu pemakaian perangkat untuk orang berusia 16 hingga 64 tahun secara global adalah 6 jam 37 menit per hari.

Selama pandemi COVID-19, orang dewasa di Amerika rata-rata menghabiskan waktu di depan layar sebanyak 28,5 jam seminggu. Sebuah tinjauan pada tahun 2021 mengonfirmasi bahwa waktu pemakaian gawai meningkat beberapa jam sehari selama pandemi—beberapa orang menghabiskan waktu sebanyak 17,5 jam sehari. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Durasi Rata-Rata Orang Dewasa Menatap Layar Ponsel

 

Meskipun waktu menonton orang dewasa merupakan hal yang paling penting, ada lebih banyak penekanan pada batas waktu menonton untuk anak-anak daripada aturan yang diperketat untuk orang dewasa.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan batasan untuk anak di bawah usia lima tahun, namun mendorong orang tua untuk fokus pada kualitas media dan menetapkan aturan yang konsisten dalam mengatur durasi penggunaannya.

“Rencana media digital” semacam ini sangat penting karena anak-anak biasanya kurang mampu “menyadari penggunaan media dan dampak media terhadap perilaku mereka dibandingkan orang dewasa,” kata Christakis.

Dia menjelaskan bahwa anak-anak sedang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang dapat terhambat oleh waktu menatap layar secara berlebihan.

Waktu pemakaian perangkat berdampak berbeda pada setiap orang tergantung pada kebutuhan perkembangan mereka pada usia yang berbeda: kepribadian, alasan mengapa mereka menggunakan media, karakteristik platform media yang digunakan, dan kebutuhan atau masalah psikologis yang mendasarinya, Zhiying (Zoey) Yue, PhD, peneliti di Digital Wellness Lab yang berafiliasi dengan Rumah Sakit Anak Boston dan Harvard Medical School, mengatakan kepada Health.

Karena anak-anak secara konsisten memasuki tahap perkembangan baru, mereka memerlukan pedoman penggunaan layar yang lebih jelas dibandingkan orang dewasa—namun, orang dewasa masih dapat memperoleh manfaat dari beberapa nasihat yang sadar akan kesehatan seputar penggunaan layar.

 

 

3 dari 4 halaman

Efek Negatif dari Terlalu Banyak Screen Time pada Orang Dewasa

Hanya karena orang dewasa tidak memiliki pedoman penggunaan ponsel yang harus diikuti bukan berarti mengakses media digital yang berlebihan tidak berbahaya.

Jika Anda menonton acara Netflix yang sedang tren, Anda mungkin tidak berolahraga atau tidur—dua hal yang mendukung kesehatan optimal.

Waktu yang dihabiskan untuk duduk dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, resistensi insulin, dan obesitas, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular.5 Hal ini tidak termasuk nyeri leher, sakit kepala, ketegangan mata, dan gangguan tidur yang dapat terjadi akibat screen time.

Semua faktor ini bukan berarti Anda tidak bisa lagi menonton secara berlebihan—hal ini hanya berarti Anda mungkin memerlukan batasan dan/atau perlu memprioritaskan aktivitas fisik dan hubungan sosial untuk memerangi dampak buruk yang mungkin timbul dari screen time.

Yue menjelaskan bahwa tidak semua screen time berbahaya. Layar Anda mungkin digunakan untuk melakukan hal-hal sehat seperti berolahraga atau mengikuti kelas mindfulness. Terdapat perbedaan dalam efek penggunaan yang diatur dan disengaja dibandingkan dengan menggulir tanpa berpikir panjang.

Jadi, masyarakat tidak boleh mengelompokkan semua media digital ke dalam “penggunaan layar” dan kemudian menentukan batas waktunya, jelas Christakis.

Namun, terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar dapat berdampak buruk secara mental, selain efek samping fisik yang telah disebutkan, katanya.

 

4 dari 4 halaman

Tingkat Depresi dan Terlalu Banyak Menatap Layar Gawai

Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa tingkat depresi sedang atau berat pada orang dewasa dikaitkan dengan menghabiskan lebih banyak waktu di depan TV atau komputer.

“Waktu menatap layar dalam waktu lama, terutama ketika itu menggantikan aktivitas penting seperti tidur, tugas sekolah, atau interaksi sosial, dapat merugikan,” kata Yue.

Pertanyaan yang harus ditanyakan orang dewasa pada diri mereka sendiri adalah bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka? Waktu pemakaian perangkat dan aplikasi pemantauan lainnya dapat membantu untuk mengetahuinya, kata Christakis.

Setelah Anda mengetahui seberapa banyak Anda berada di depan layar per hari, tanyakan pada diri Anda apakah Anda ingin berada di layar dalam jumlah waktu yang Anda inginkan dalam sehari. Tanyakan pada diri Anda bagaimana perasaan Anda saat menggunakan layar, dan apa lagi yang ingin Anda lakukan dengan waktu Anda, tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.