Sukses

Ketiak Hitam, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain itu, perlu melakukan beberapa perubahan agar ketiak tak lagi menghitam.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan warna ketiak biasanya merupakan masalah yang kerap ditemui. Namun bukan berarti seseorang harus berdamai dengan masalah tersebut. Hanya saja mengatasi ketiak hitam tidak semudah menjentikan jari. Perlu ada perawatan yang dilakukan secara rutin supaya warna kulit ketiak menjadi lebih cerah.

Seringkali, ketiak hitam adalah bentuk hiperpigmentasi yang paling umum terjadi pada kulit bagian dalam, jelas Dr. Geeta Yadav, M.D., FRCPC, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Science Dermatology di Toronto, Ontario. Seperti dikutip dari The Healthy.

“Hal ini diperburuk oleh iritasi, seperti kulit yang bergesekan atau bercukur. Dalam kedua kasus tersebut, kulit yang lebih gelap disebabkan oleh peningkatan produksi melanin,” kata Yadav.

Namun, penting untuk diperhatikan, tambah Yadav, bahwa mungkin ada kondisi medis mendasar yang menyebabkan perubahan warna kulit. 

“Dalam beberapa kasus, ketiak yang gelap bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut acanthosis nigricans, yang ditandai dengan kulit menjadi lebih gelap dan tebal di area lipatan tubuh, seperti ketiak, alat kelamin, paha, siku, dan lutut,” kata Yadav. 

Meskipun acanthosis nigricans tidak berbahaya, hal ini bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lain, seperti pradiabetes. 

Cara Mencegah Ketiak Gelap

Dalam banyak kasus, ketiak hitam bersifat turunan dan tidak dapat dihindari, jelas Yadav. Guna mengurangi iritasi pada area tersebut, terutama yang disebabkan oleh pencukuran, akan secara signifikan mengurangi risiko timbulnya ketiak hitam.

Berhenti mencukur. Cobalah waxing atau laser hair removal sebagai gantinya.

Lakukan pengelupasan atau exfoliating. Gunakan scrub yang lembut atau exfoliant pada area ketiak sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Pilihlah exfoliator yang cocok untuk kulit sensitif.

Jika seseorang tidak ingin menghentikan pencukuran di area tersebut sama sekali, bicarakan dengan dokter kulit tentang pencukuran dengan laser atau elektrolisis. 

Prosedur ini akan merusak folikel rambut dan mencegah pertumbuhan di masa mendatang, yang pada akhirnya membuat pencukuran tidak diperlukan lagi.

Namun, tidak semua orang cocok untuk menghilangkan bulu dengan laser, jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit berlisensi sebelum melakukan perawatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Pakaian Longgar dan Pakai Deodoran Alami

Perubahan gaya hidup lain yang dapat membantu termasuk mengenakan pakaian yang lebih longgar untuk mencegah gesekan berlebih, melakukan eksfoliasi pada area tersebut, mencoba deodoran yang lebih alami, dan menurunkan berat badan. 

“Dalam kasus obesitas, penurunan berat badan dapat membantu mencegah penggelapan di ketiak dan area lain, seperti paha bagian dalam atau selangkangan,” kata Yadav.

“Tidak hanya produksi melanin yang meningkat pada mereka yang kelebihan berat badan, gesekan kulit juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Penurunan berat badan akan mengurangi keduanya.”

 

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, jika seseorang khawatir dengan ketiak yang menghitam adalah mencari tahu apakah ada kondisi medis yang tidak terdiagnosis yang menjadi penyebabnya. 

“Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter umum untuk menentukan apakah ada kekhawatiran yang mendasarinya, karena perawatan tersebut akan memperbaiki tampilan ketiak yang gelap,” kata Yadav.

Jika seseorang telah dinyatakan sembuh secara medis, maka ia dapat dengan aman mulai mencari cara untuk menghilangkan ketiak yang gelap. Dan bagi sebagian orang, hal itu mungkin bisa dilakukan melalui perawatan medis. Pastikan berkonsultasi dengan dokter kulit agar aman, saran Yadav.

Beberapa bahan alami dipercaya dapat mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Anda dapat menggunakan masker alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk.

Cara membuat masker ketiak dari berbagai bahan tersebut cukup mudah. Pertama, iris dan lunakkan atau haluskan menjadi jus bahan alami pembersih ketiak hitam yang ingin digunakan. Kemudian, tempelkan masker tersebut ke ketiak. Setelah itu, tunggu sampai beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.