Sukses

Tips Sukses Bikin Resolusi Tahun Baru, Psikolog: Spesifik dan Jelas

Spesifik, jelas dan terukur merupakan salah satu cara membuat resolusi tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta Sudah 2024 dan pasti sebagian dari Anda memiliki resolusi di tahun yang baru. Biasanya, resolusi yang dibuat tahun ini adalah lanjutan tahun lalu yang belum terwujud.

Biar resolusi tahun baru terwujud untuk dijalankan sepanjang tahun maka sebaiknya bikin yang spesifik, terukur, jelas dan realistis agar mudah dicapai.

"Buatlah resolusi yang spesifik, terukur dan jelas. Misalnya resolusi hidup lebih sehat atau turun berat badan dengan mulai 2 Januari berolahraga lari pagi setiap hari Senin, Rabu dan Jumat," kata psikolog klinis Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Buat resolusi tahun baru lewat pencapaian hal-hal kecil yang tujuannya untuk hal besar. Misal ingin menambah wawasan, bisa membuat resolusi membaca buku dua halaman setiap hari.

Buat Resolusi Tahun Baru Bareng Pasangan atau Keluarga

Vera juga mengatakan bahwa sah-sah saja membuat resolusi tahun baru dengan didiskusikan dengan pasangan atau keluarga. Sehingga, bisa membantu mengingatkan bila suatu waktu mulai kendor jalankan resolusi.

"Jadi, membuat resolusi juga dapat dihasilkan dari diskusi dengan pasangan atau keluarga. Mereka juga dapat menjadi pengingat atau pendukung untuk tercapainya resolusi," tutur Vera mengutip Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Resolusi yang Merupakan Prioritas Hidup Saat Ini

Saran lain membuat resolusi tahun baru adalah sesuai dengan kondisi masing-masing serta memastikan hal itu menjadi prioritas hidup saat ini.

"Buatlah resolusi yang sesuai juga dengan kondisi kita dan pastikan itu memang sedang menjadi prioritas hidup kita saat ini. Seperti misalnya ingin kurus, kita perlu cek sebenarnya seberapa prioritas itu, mana yang lebih prioritas kurus atau mencapai posisi baru di tempat kerja," kata psikolog klinis dewasa Nirmala Ika, M.Psi.

 

3 dari 4 halaman

Seberapa Penting Bikin Resolusi Tahun Baru?

Resolusi atau bisa diartikan sebagai suatu janji kepada diri sendiri atau keputusan melakukan sesuatu umumnya dibuat saat tahun baru, baik terkait kesehatan atau hal lainnya. Menurut Vera, resolusi tahun baru bukan sebuah keharusan, melainkan kebutuhan.

"Membuat resolusi bukan suatu keharusan, tapi, kebutuhan. Jad,i sifatnya subyektif, kalau merasa butuh buat, silakan membuat resolusi," kata Vera.

4 dari 4 halaman

Resolusi Kebanyakan Orang Indonesia: Rutin Berolahraga

Menurut hasil survei Health Collaborative Center (HCC) menyebut mayoritas resolusi Tahun Baru orang Indonesia adalah rutin berolahraga dengan turut menerapkan pola makan sehat di 2024.

"Sebanyak 70 persen orang Indonesia ingin olahraga rutin dan pola makan sehat di tahun 2024," kata Peneliti Utama HCC, Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK FRSPH.

Dijelaskannya bahwa survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner dimodikiasi dari New Urban Plate/IPSOS Poll 2021. Ray, menegaskan, metode survei mengikuti standar uji potong-lintang atau cross sectional berbasis komunitas, dengan instrumen penelitian yang valid.

"Dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan tingkat kesalahan 3,27 persen, hasil dari survei ini dapat dikategorikan baik dan akurat, serta dapat merepresentasikan kondisi resolusi sehat tahun 2024 sebagai besar orang Indonesia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini