Sukses

5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Salah Satunya Bisa Cegah Sakit Kepala

Air adalah nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh. Manusia harus mendapatkannya melalui sumber eksternal (yaitu menghidrasi makanan dan minuman) agar tetap sehat.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Air aspek penting untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh. Kehadiran air begitu penting bagi tubuh mulai dari melumasi sendi, mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan mengeluarkan limbah melalui urine dan berkeringat.

"Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air, sedikit berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat hidrasi," kata Casey Kelley, MD, ABoIM, pendiri dan Direktur Medis Case Integrative Health.

Namun, tubuh manusia secara alami dapat kehilangan air setiap hari melalui proses normal seperti buang air kecil, berkeringat, dan bahkan menghembuskan napas, menurut William W. Li, M.D., dokter dan penulis "Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself"

Ketika seseorang tidur, tidak mungkin untuk terus minum air, dan tubuh akan terus kehilangan cairan sepanjang malam tanpa menerima isi ulang. Dalam hal itu, minum air putih ketika pertama kali bangun di pagi hari tentu dapat memberikan beberapa manfaat sehat.

Berikut beberapa manfaat sehat minum air putih di pagi hari saat perut kosong seperti dikutip dari Real Simple pada Minggu, (31/12/2023).

1. Merehidrasi Tubuh

Tubuh akan secara alami dalam keadaan dehidrasi di pagi hari, kata Kelley. Dengan demikian, minum air putih saat bangun tidur dapat membantu membuat tubuh kembali terhidrasi.

"Minum air ketika bangun akan mengisi kembali cairan yang hilang, termasuk [cairan] yang mungkin hilang pada malam hari," Li menegaskan.

Hal ini terutama berlaku jika seseorang tidur dengan mulut terbuka atau di ruangan yang hangat, dan terlebih lagi jika seseorang minum alkohol pada malam sebelumnya, tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Energi

Menurut Kelley, banyak orang menemukan bahwa memulai hari mereka dengan minum air dingin membantu mereka untuk lebih berenergi. Bagaimanapun, dehidrasi yang secara alami terjadi ketika tidur, dapat membuat seseorang lelah dan pusing, menurut National Library of Medicine.

3. Bikin Produktif

Hal ini dapat membantu memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas seseorang sepanjang hari. Menurut Kelley, dehidrasi juga terkait dengan sakit kepala jadi minum segelas air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kerja otak. 

"Bahkan dehidrasi ringan dikaitkan dengan beberapa kehilangan memori jangka pendek dan konsentrasi, jadi minumlah segelas air itu," katanya.

 

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Kemampuan Saluran Pencernaan

 

 

Menurut Kelley, air minum sangat penting untuk pencernaan yang sehat. Misalnya, tetap terhidrasi sangat membantu untuk mengurangi sembelit yang merupakan efek samping umum dari dehidrasi.

"Air hangat [khususnya] memiliki potensi untuk memecah makanan yang dikonsumsi pada tingkat yang lebih cepat daripada air dingin," katanya. Oleh karena itu, jika seseorang rentan terhadap sembelit, minum air ketika bangun tidur dapat memulai proses rehidrasi dan membuat semuanya bergerak secepatnya.

 

4 dari 4 halaman

5. Menekan Rasa Lapar

Jika seseorang bukan orang yang suka sarapan atau tidak punya waktu untuk makan, menenggak segelas air terlebih dahulu di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu.

Seperti yang dicatat oleh sebuah studi tahun 2018, minum air sepanjang pagi dapat memadamkan sensasi lapar, berpotensi meredakan perut yang menggerutu sampai seseorang bisa makan.

"Sangat umum untuk mengetahui perasaan haus dengan rasa lapar, jadi tetap terhidrasi dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan," kata Kelley.

Namun, tetap perlu diingat ya sarapan itu penting. Jadi, setelah minum air putih lalu beraktivitas sebentar pastikan untuk sarapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.