Sukses

Menkes Budi: Mudik Nataru Naik Transportasi Publik, Jangan Lupa Masker

Pesan Menkes Budi Gunadi Sadikin buat yang mudik Nataru naik transportasi publik.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak masyarakat memanfaatkan mudik Nataru atau Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 selama periode panjang liburan akhir tahun. Tercatat, ada lebih dari 100 juta orang yang hendak bepergian atau mobilitas selama libur Nataru.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin berpesan kepada masyarakat yang akan mudik saat libur Nataru menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta api maupun pesawat terbang untuk selalu berhati-hati.

Sebab, saat ini Indonesia terjadi peningkatan kasus COVID varian JN.1. Meski begitu, situasi COVID-19 di Indonesia masih relatif terkendali.

"Pesannya buat teman-teman yang mau mudik atau ke luar kota, terutama kalau pakai angkutan umum yang memang padat, ya gunakan masker enggak ada salahnya," ucap Budi Gunadi saat ditemui Health Liputan6.com di Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Jakarta pada Jumat, 22 Desember 2023.

"Apalagi kalau kita sendiri juga sedang merasa enggak enak badan atau kondisi badan lagi enggak fit juga melihat tetangga-tetangga kita ada yang batuk-batuk, ya itu lebih baik kita pakai masker."

Kasus Aktif COVID Indonesia 2.548

Berdasarkan data Kemenkes RI per 19 Desember 2023, kasus aktif nasional (6 sampai 19 Desember 2023) sebanyak 2.548 kasus. Kasus baru mencapai 453 kasus (naik 86 persen) dan kematian COVID ada 1 kasus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin COVID-19 Masih Ada

Selain itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin juga mengingatkan vaksin COVID-19 masih ada. Masyarakat dapat kembali mengakses vaksin COVID secara gratis di fasilitas kesehatan.

"Dan yang mumpung sekarang, vaksinnya masih ada. Cari aja tuh di Puskesmas-Puskesmas ya, untuk bisa mendapatkan vaksin tambahan," imbuhnya.

"Setidaknya kan itu bisa mengurangi keparahan kalau kita misalnya nanti terkena (positif COVID-19) dan mempercepat kesembuhan." 

3 dari 3 halaman

Pergerakan Lalu Lintas Libur Nataru

Memasuki puncak musim liburan Natal dan Tahun Baru 2023/2024, lalu lintas penumpang dan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta diprediksi ada 175.000 pergerakan penumpang.

“Iya, hari ini masuk puncak pergerakan, ada 175.000 untuk pax,” kata SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi, Jumat (22/12/2023).

Holik pun menjelaskan, bila kenaikan pergerakan penumpang dan pesawat sudah terjadi pada dua hari sebelumnya. Pada Rabu (20/12) terdapat 1.023 penerbangan dan Kamis (19/12) 1.077 penerbangan. Sehingga ada kenaikan pergerakan pesawat sebanyak 5,28 persen.

14 Juta Orang Naik Kereta Api

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, ada sekitar 14 juta orang yang akan menggunakan kereta api sebagai moda transportasi selama libur Nataru.

Ia meminta kepada seluruh petugas di stasiun untuk memastikan para penumpang kereta api dapat terlayani dengan baik di tengah lonjakan pergerakan di masa libur.

"Untuk sektor kereta api tercatat ada 14 juta atau 13 persen dari jumlah pergerakan penumpang di semua moda transportasi massal. Suatu jumlah yang besar dan kita harus bekerja dan melayani dengan hati yang tulus, murah senyum dan ramah," ujar Budi saat memimpin apel gelar pasukan operasi angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Lapangan Upacara Stasiun Gambir, Kamis (21/12/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini