Sukses

Lagi Batuk Berdahak, Yuk Coba 12 Cara Hilangkan Dahak dan Lendir

Cara menghilangkan dahak dan lendir saat batuk berdahak.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Dahak dan lendir tatkala sedang batuk memang sangat mengganggu. Masalah muncul ketika Anda jatuh sakit. Anda akan merasakan lendir Anda menjadi lebih kental dan mulai batuk berdahak. Untuk menghindari penumpukan, ada beberapa cara bagi Anda untuk membuang dahak dan lendir yang berlebih.

Jonathan Goh dari Department of Respiratory Medicine di Sengkang General Hospital (SKH), anggota SingHealth Group membeberkan 12 cara untuk mengurangi dahak dan lendir.

1. Minum air putih secara terus-menerus

Minum banyak air terutama air hangat, dapat membantu mengencerkan lendir dan melonggarkan penyumbatan di paru-paru, sehingga lebih mudah untuk batuk dan mengeluarkan dahak berlebih.

2. Berkumur dengan air garam

Mengutip dari situs Healthxchange SingHealth Group pada 11 Desember 2023, berkumur air garam hangat dapat membantu membersihkan dahak dan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Inilah yang harus dilakukan:

  • Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.
  • Teguk sedikit campuran tersebut dan miringkan kepala Anda sedikit ke belakang. Biarkan campuran tersebut masuk ke dalam tenggorokan Anda tanpa meminumnya.
  • Berkumurlah selama 30 hingga 60 detik lalu keluarkan.

3. Gunakan semprotan atau bilas hidung (saline nasal spray) dengan larutan garam

Untuk pasien dengan rinitis alergi, menggunakan saline - yang merupakan larutan air garam - semprotan hidung atau bilas hidung dapat membantu membersihkan sinus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Obat dan Gunakan Humidifier

4. Minum obat yang dijual bebas

Dekongestan dapat mengurangi aliran lendir dari hidung Anda. Lendir ini tidak dianggap sebagai dahak, tetapi dapat menyebabkan dada terasa sesak. Dekongestan bekerja dengan mengurangi pembengkakan di hidung dan membuka saluran udara Anda.

Mukolitik dan ekspektoran adalah kelompok obat yang bekerja dengan cara mengencerkan dan melonggarkan lendir dan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Bahan utama yang harus dicari adalah guaifenesin, yang membantu mengeluarkan dahak.

5. Hindari makanan tertentu karena dapat meningkatkan produksi dahak dan lendir

Makanan tersebut meliputi:

  • Makanan olahan
  • Makanan yang digoreng
  • Produk susu seperti susu, keju, mentega, dan krim
  • Buah jeruk
  • Kafein dan alkohol (membuat tubuh dehidrasi)
  • Cokelat
  • Minuman berkarbonasi
  • Makanan pedas

6. Gunakan pelembab udara

Menggunakan humidifier dapat membantu tubuh Anda melembabkan tenggorokan dan saluran hidung, membantu mengurangi produksi lendir dan dahak.

3 dari 4 halaman

Menghirup Uap dan Minum Teh Herbal

7. Menghirup uap membantu membuat Anda merasa lebih baik

Menghirup uap dapat membantu melonggarkan lendir dan membersihkan dahak. Anda dapat menghirup uap dengan mengisi mangkuk dengan air panas, menggantungkan handuk di atas kepala Anda, menundukkan kepala dekat dengan air.

Tetapi hindari melakukan kontak langsung dengan air, dan menghirup uap. Ini tidak akan membunuh virus yang bertanggung jawab atas infeksi Anda, tetapi dapat membuat Anda merasa sedikit lebih baik.

8. Minum teh herbal

Teh herbal seperti jahe, mint, dan chamomile dapat membantu menenangkan tenggorokan dan mengurangi peradangan. Minum teh ini dapat membantu mengurangi produksi dahak dan memudahkan Anda untuk mengeluarkan dahak yang berlebih.

9. Gunakan obat tetes hidung

Obat tetes hidung dapat membantu membersihkan lendir dari hidung dan sinus Anda, membuatnya lebih mudah untuk bernapas dan mengurangi produksi dahak. Anda dapat menemukan obat tetes ini di apotek setempat.

4 dari 4 halaman

Jangan Menahan Batuk dan Perbanyak Istirahat

10. Jangan menahan batuk

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak. Sebaliknya, menahan batuk dapat menyebabkan penumpukan dahak yang dapat memperburuk gejala.

11. Istirahat lebih banyak

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi yang dapat menyebabkan produksi dahak. Pastikan Anda tidur setidaknya 7-8 jam per malam.

12. Terus berolahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi produksi dahak. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan aliran darah dan kadar oksigen, sehingga lebih mudah untuk membersihkan dahak berlebih dari paru-paru dan tenggorokan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini