Sukses

Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Ampuh Menghentikan Hidung Meler

Berikut ini beberapa cara menghentikan hidung meler.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghentikan pilek, seseorang perlu tahu apa penyebabnya. Hidung meler ringan akibat pilek biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah istirahat dan terhidrasi, sementara pilek kronis akibat alergi mungkin perlu diobati dengan obat-obatan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan pilek seperti:

  1. Virus (misalnya, pilek, flu, COVID-19)
  2. Cuaca dingin
  3. Sinusitis
  4. Makanan dan minuman tertentu
  5. Obat

Penyebab pilek (kronis) atau berulang meliputi:

  1. Alergi
  2. Hormon
  3. Polip hidung

Seringkali, perawatan di rumah sudah cukup untuk membantu mengatasi pilek. Berikut ini beberapa cara menghentikan hidung meler seperti dikutip dari Verywell Health pada Sabtu, (16/12/2023).

1. Minuman Hangat

Jika seseorang memiliki infeksi virus atau postnasal drip yang membuat pilek dan gejala lain seperti sakit tenggorokan, minum sesuatu yang hangat bisa menenangkan. Cairan membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik dengan membuatnya lebih mudah bagi nutrisi untuk sampai ke sel-sel tubuh.

Berdasarkan penelitian dari jurnal Rhinology, peserta yang meminum minuman panas saat terkena pilek atau flu, segera tertolong dari gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedingan, dan kelelahan.

Hal ini disebabkan karena uap panas dari teh hangat tersebut masuk ke dalam saluran hidung yang membuat lendir dapat keluar dengan cepat.

Hal ini juga dapat membantu mengencerkan lendir. Jika seseorang merasa sakit, pilih minuman hangat yang bergizi dan menghidrasi secara alami, seperti kaldu ayam, teh herbal, dan air hangat dengan madu dan lemon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Uap Wajah

Menghirup uap panas telah terbukti membantu mengatasi hidung meler. Sebuah studi dari Journal of Dental and Medical Sciences menyimpulkan bahwa inhalasi uap cukup efektif untuk pasien flu biasa. Ini mengurangi waktu pemulihan penyakit sekitar satu minggu lebih cepat dibanding dengan tidak menghirup uap sama sekali.

Jika seseorang merasa sesak, membungkuk di atas mangkuk atau panci berisi air panas dapat membantu melonggarkan lendir di hidung dan membiarkannya mengalir lebih efektif.

Cara Menggunakan Uap untuk Pilek:

  1. Tuang air matang ke dalam mangkuk atau panci.
  2. Pastikan air berada di permukaan yang stabil sehingga tidak akan tumpah atau terciprat.
  3. Jangan pernah meletakkan air panas di pangkuan.
  4. Letakkan di permukaan yang kokoh dan rapi jauh dari hewan peliharaan dan anak-anak.
  5. Selanjutnya, gantungkan handuk di atas kepala dan membungkuk di atas mangkuk dengan wajah sekitar satu kaki di atas air.
  6. Saat menghirup uap, seseorang dapat menghindari luka bakar dengan tinggal cukup jauh dari permukaan air.
  7. Karena ada risiko luka bakar, seseorang tidak boleh menggunakan uap wajah untuk membantu pilek anak.
  8. Anda bisa menambahkan beberapa tetesan minyak esensial dekongestan agar uap bekerja lebih baik mengatasi hidung Anda yang ingusan.

3. Mandi Air Panas

Mandi air panas bekerja seperti menghirup uap. Seseorang bisa mandi atau duduk di lantai kamar mandi dan menghirup kabut di sekitar.

Kamar mandi beruap lebih aman untuk anak-anak daripada cara lain untuk menghirup uap. Mandi cenderung tidak menyebabkan tumpahan air panas yang tidak disengaja yang dapat terbakar.

Namun, anak-anak harus selalu diawasi ketika berada di kamar mandi di mana ada air panas yang mengalir.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Istirahat

Hidung meler sering merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Seseorang perlu banyak istirahat untuk membantu sistem kekebalan tubuh melakukan tugasnya.

Cobalah untuk tidur tepat waktu atau bahkan lebih awal ketika sedang melawan flu atau penyakit lainnya.

5. Kompres Hangat

Kompres hangat di wajah dapat membantu melonggarkan lendir, dan mendorongnya untuk mengering.

Seseorang dapat membuat kompres hangat sederhana dengan kain lap di bawah air hangat dan meletakkannya di atas hidung dan mata selama 10 hingga 15 menit.

6. Humidifier

Humidifier menambah kelembaban ke udara. Ini dapat membantu melonggarkan ingus dan membuatnya lebih mudah untuk mengalir keluar dari hidung.

Humidifier nyaman karena seseorang dapat mengggunakannya di kamar saat sedang tidur. Pastikan untuk menjaga humidifier tetap bersih, karena tempat yang lembab bisa menjadi sarang bagi jamur dan bakteri untuk tumbuh.

Menggunakan humidifier (alat pelembap udara) di dalam kamar juga membantu meringankan hidung Anda yang ingusan. Mesin tersebut mengubah air menjadi uap air yang perlahan mengisi udara. Ketika dihirup, ini akan mengencerkan lendir dan membantu mengosongkan cairan di hidung Anda yang berlebih sehingga pernapasan kembali normal.

 

 

 

4 dari 4 halaman

7. Semprotan Hidung

Semprotan hidung dapat membantu pilek. Jenis yang dipilih akan tergantung pada penyebab dan preferensi tertentu. Seseorang mungkin perlu mencoba beberapa jenis sebelum menemukan yang cocok.

Berikut ini beberapa jenis semprotan untuk hidung:

  1. Saline nasal spray (larutan air asin yang digunakan untuk membilas saluran hidung)
  2. Steroid hidung topikal, seperti Nasonex (mometason) dan Flonase (fluticasone propionate)
  3. Antihistamin hidung topikal, termasuk Astelin dan Astepro (azelastine), dan Patanase (olopatadine)
  4. Hidung topikal antikolinergik, seperti Atrovent Nasal (nasal ipratropium)Stabilisator sel mast hidung topikal, seperti NasalCrom (cromolyn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.