Sukses

7 Cara Bantu Kucing Berolahraga, Bikin Anabul Tetap Aktif dan Sehat

Berikut ini cara membantu kucing berolahraga yang bisa membuat anabul lebih aktif.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah hewan penyendiri yang sukanya tidur sepanjang hari. Namun ternyata kucing juga membutuhkan aktivitas fisik, lho!

Meskipun kucing mungkin tidak akan memiliki otot yang menonjol setelah berolahraga, tapi dia bisa hidup lebih lama dan lebih sehat karena upaya kita untuk membuat kucing tetap aktif. Para dokter hewan setuju bahwa kucing rumahan pun perlu berolahraga.

"Kami telah terbiasa dengan gagasan bahwa kucing adalah spesies menetap yang tidur sepanjang hari, tetapi ini tidak benar. Mereka membutuhkan stimulasi fisik dan mental seperti kita," kata Dr. Ben Simpson-Vernon Dokter Hewan berlisensi.

"Kurang olahraga berarti kucing lebih mungkin menjadi gemuk, dan ini meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes dan masalah saluran kemih, yang dapat mengancam jiwa pada kucing jantan," tambahnya.

Itu sebabnya memastikan kucing untuk berolahraga sangat penting.

"Meningkatkan tingkat aktivitas kucing akan meningkatkan tingkat metabolisme mereka dan membantu membakar lebih banyak kalori," kata dr. Ruth MacPete,

Berikut ini cara membantu kucing berolahraga yang bisa membuat anabul lebih aktif dan bahagia seperti dikutip dari Parade.

1. Gunakan Laser Pointer

Para dokter hewan merekomendasikan penggunaan laser pointer untuk membuat kucing aktif berlari baik itu di dalam maupun luar ruangan. Cukup nyalakan penunjuk, arahkan ke lantai, tangga, atau pohon kucing, dan kucing akan mengejarnya.

Mainan laser ini bisa sangat bagus untuk pemilik kucing yang kekurangan waktu tetapi ingin mendorong olahraga dan bermain bersama kucingnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Mainan Tongkat Bulu

Dokter hewan lain memiliki pendapat berbeda terhadap laser pointer, Simpson-Vernon mengatakan, "Saya telah melihat banyak video kucing mengejar laser pointer," katanya.

"Ini bisa sangat membuat frustrasi bagi mereka untuk tidak pernah 'menangkap' pointer. Sebaliknya, gunakan mainan tongkat, yang merupakan tongkat dengan semacam 'mangsa' di ujungnya seperti bulu.

Tujuannya adalah untuk membuat kucing terasa seperti pengalaman berburu yang otentik dengan memvariasikan kecepatan di mana pemilik kucing memindahkan tongkat di sekitar dan menyembunyikannya di bawah objek sehingga kucing dapat mengejar dan menerkam 'mangsa' mereka.

3. Kejar Mainan Tikus

MacPete merekomendasikan untuk memberi kucing sebuah mainan tikus untuk dikejar. Mainan tikus tidak meninggalkan kotoran kecil di seluruh rumah, berbeda ketika kucing menangkap tikus dan membawanya ke hadapan sang pemilik.

 

3 dari 4 halaman

4. Buat Kucing Berburu Makanan

dr. Jen Bussen, Dokter Hewan Berlisensi mendorong pemilik kucing untuk melibatkan keterampilan berburu kucing mereka dengan menjadikan waktu makan sebagai perburuan.

"Beri mereka makan dalam porsi kecil di lokasi yang berbeda sehingga mereka harus bergerak untuk menyelesaikan makanan mereka," katanya. "Cobalah tekstur makanan yang berbeda untuk membuat mereka tetap terlibat. Pastikan saja bahwa kalori yang mereka konsumsi tidak lebih besar daripada kalori yang mereka bakar."

"Manfaatkan ruang di rumah," katanya. "Jika seseorang memiliki tangga, lempar kibble ke atas atau ke bawah tangga sehingga kucing harus menggunakan sedikit lebih banyak usaha untuk mendapatkannya."

5. Siapkan Rintangan

"Tidak setiap kucing memiliki 'pemburu batin' yang kuat dan beberapa kucing akan menolak untuk bermain dengan mainan," kata dr. Marcus Dela Cruz. "Untuk kucing-kucing ini, pemilik kucing dapat mengatur rintangan dan menggunakan suguhan atau mainan yang sangat diinginkan untuk membujuk mereka agar mengikuti pelatihan."

 

4 dari 4 halaman

6. Dorong Kucing untuk Memanjat

Dr. Marlena Lopez, BSc, DVM, merekomendasikan "mendorong gerakan vertikal dengan memanjat pohon, rak atau menara kucing. Ini tidak hanya memberikan aktivitas memanjat tetapi juga memberi kucing sudut pandang yang nyaman tentang lingkungan mereka dan memuaskan kebutuhan mereka akan keamanan."

"Buat mereka melompat ke furnitur atau pohon kucing untuk membuat permainan lebih menantang secara fisik," tambah Bussen.

7. Berikan Waktu Bermain di Luar Rumah

Menurut Bussen, "Waktu luar yang terkontrol, seperti di catio atau tali, dapat memberikan lebih banyak kesempatan untuk beraktivitas."

Meskipun kucing rumahan mungkin tidak terbiasa bermain di luar ruangan, catio atau tali dapat membantu menjaga kucing tetap aman sambil mendorongnya untuk berolahraga dalam pengaturan yang mungkin akan membuatnya menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini