Sukses

Sambut Bulan Menanam Pohon Nasional, Pusat Perbelanjaan di Bekasi Gelar Tree Planting Festival

Memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional dan wujud kepedulian terhadap lingkungan, pusat perbelanjaan di Kabupaten Bekasi, Aeon Mall Deltamas menggelar festival menanam pohon "Aeon Hometown Forest Creation", Sabtu, 9 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Desember ditetapkan pemerintah sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN). Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Dalam Keppres tersebut dinyatakan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) jatuh setiap 28 November, dan Desember sebagai BMPN.

Penetapan ini dicanangkan guna memberi kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penaman pohon. Selain itu, juga sebagai mengantisipasi perubahan iklim (climate change) secara global, deforestasi hutan serta lahan.

Pohon berperan menjaga suhu bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara, karenanya penting bagi keberlangsungan makhluk hidup. Keberadaan pohon juga dapat memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, serta mengurangi peluang penyebaran patogen antara hewan dan manusia.

Memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional dan wujud kepedulian terhadap lingkungan, pusat perbelanjaan Aeon Mall Deltamas menggelar festival menanam pohon "Aeon Hometown Forest Creation", Sabtu, 9 Desember 2023.

Sebanyak lebih dari 3 ribu bibit pohon dari 27 jenis seperti rambutan, melinjo, kweni, cempaka, dan lainnya di area 5.000 m2 dengan melibatkan 900 peserta dari instansi pemerintah, sekolah, universitas, masyarakat, dan awak media.

"Kami menyadari bahwa alam merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia," tutur General Manager Mall Operation Aeon Mall Deltamas Sri Prayogio melalui keterangannya.

"Secara garis besar, filosofinya adalah ketika kita membangun pusat belanja ini, mungkin tadinya ada tanaman, hutan sedikit yang ditebang, yang diratakan. Jadi (penanaman ini) kita seperti mengembalikan kembali pohon-pohon yang kita tebang, yang kita ratakan, kita tanam dari bibit, dari kecil sehingga nanti bisa tumbuh besar, bisa membuat keteduhan, area rindang sehingga di satu sisi juga kita bisa mengurangi emisi gas karbon dan efeknya pada dunia ini," jelas pria yang akrab disapa Yogi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terbesar di Asia Tenggara

Disebut sebagai Aeon Mall terbesar di Asia Tenggara, Yogi mengatakan pihaknya mempunya Forest Park, Forest Plaza serta area hijau dengan total luas 20.510 m2 yang ditanami lebih dari 7 ribu pohon.

"Melalui kegiatan hari ini, kami ingin menunjukkan bahwa kami tidak hanya membangun, namun juga akan tetap bertanggung jawab dengan alam dan lingkungan sekitar yang akan terlibat dalam kegiatan operasional kami mendatang," tegasnya.

Ruang-ruang hijau di sekitar pusat perbelanjaan yang akan mulai beroperasi sekitar Maret 2024 itu pun, kata Yogi, nantinya akan dapat difungsikan untuk berkegiatan. Pengunjung berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa memanfaatkan ruang hijau tersebut untuk beraktivitas yang disesuaikan.

3 dari 3 halaman

Upaya Sediakan Area Hijau

Yogi mengatakan, festival menanam pohon pada hari itu juga sebagai dukungan bagi program pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mengupayakan ruang terbuka hijau.

Hadir dalam festival menanam pohon hari itu, influencer dan founder Seasoldier Dinni Septianingrum mengaku senang dengan semakin banyaknya perusahaan yang berkesadaran untuk ambil bagian menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Saya senang karena saat ini semakin banyak perusahaan yang memiliki kesadaran untuk dapat terlibat langsung dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Saya harap AEON Mall akan terus mempertahankan dan melanjutkan kegiatan ini yang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain.”

Selain menanam pohon, Aeon Mall Deltamas juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah yang bisa diikuti seluruh peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini