Sukses

Konsumsi Pisang Setiap Hari dapat Meningkatkan Energi dan Suasana Hati

Makan pisang setiap hari adalah pilihan diet yang sehat, tapi pastikan untuk tidak terlalu banyak karena kalori dari karbohidrat dapat menyebabkan kelebihan asupan gula, mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Buah pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di sekitar kita. Menyoal kandungan nilai gizinya, ada kalium, vitamin C, vitamin B6, serat dan banyak lagi dalam buah ini.

Kabar baiknya adalah pisang mudah ditambahkan ke dalam menu harian. Cukup tambahkan satu buah pisang ke smoothie, yogurt atau sereal, atau bisa menjadi topping untuk roti panggang dengan selai kacang.

Bila Anda hobi makan pisang setiap hari, pastikan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan. Konsumsi kalori dari karbohidrat secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan asupan gula.

Bagi Anda yang suka sekali makan pisang, wajib tahu nih manfaat buah berkulit kuning dan berdaging putih seperti dikutip dari New York Post pada Kamis, (30/11/2023):

1. Kaya Nutrisi

Pisang kaya karbohidrat, air, serat dan antioksidan. Menurut US Department of Agriculture's FoodData Central, satu pisang berukuran sedang mengandung 1 gram protein, 29g karbohidrat, 3g serat dan 112 kalori.

Buah ini juga mengandung 12% dari Nilai Harian (DV) vitamin C, 7% dari DV riboflavin.

Kedua jenis serat ini dapat bekerja sama untuk memoderasi kadar gula darah dan mengatur nafsu makan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Pisang mengandung serat larut, yang bisa berfungsi seperti spons di perut memberikan makanan massal dan membuat seseorang merasa kenyang," kata Tanya Zuckerbrot MS, RD, pendiri F-Factor. Menurut USDA.

"Serat larut juga mengikat kalori dan lemak di perut dan usus dan menariknya keluar dari tubuh sebelum mereka dapat memasuki aliran darah. Hal ini mendukung kadar glukosa darah dan membantu seseorang buang air besar secara teratur," seperti dikutip dari Real Simple.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Kembung

Satu pisang berukuran sedang mengandung 9% dari jumlah kalium harian yang direkomendasikan. 

Pisang juga memiliki beberapa serat, yang dapat meringankan atau mencegah sembelit. "Kembung juga bisa disebabkan oleh sembelit," kata Cynthia Sass, RD, pakar nutrisi dan kesehatan seperti dikutip dari Health.

"Jika seseorang tidak dapat menghilangkan kotoran di saluran pencernaan, seseorang akan menjadi kembung."

4. Sumber Energi Alami

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik bahan bakar utama tubuh untuk produksi energi. Menurut sebuah penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology, pisang mengandung vitamin B seperti vitamin B3, B6 dan B12, yang membantu tubuh mensintesis energi seperti dikutip dari EatingWell.

Pisang dapat menjadi bagian dari makanan sehat atau camilan dan paling baik digunakan bila dipasangkan dengan lemak sehat atau protein. 

 

3 dari 4 halaman

5. Penurunan Berat Badan

Sementara satu pisang memiliki 110 kalori, yang mungkin tampak tinggi untuk buah (satu porsi stroberi hanya memiliki 50), kandungan vitamin, fitokimia, dan seratnya yang tinggi menjadikannya tambahan yang kuat untuk rencana penurunan berat badan yang sehat.

"Pisang adalah sumber berbagai nutrisi penting seperti serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan mangan," kata Chelsea Tersavich, asisten dokter yang merupakan rekan penjangkauan nutrisi melalui PA Foundation seperti dikutip dari Insider.

"Serat juga membuat kita kenyang di siang hari, yang mengarah pada penurunan jumlah total kalori yang kita ambil untuk kebanyakan orang."

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Pisang dikenal sebagai sumber potasium. Satu pisang berukuran sedang mengandung 9% dari asupan harian yang direkomendasikan, menurut National Institutes of Health.

Kalium ditemukan di semua jaringan tubuh dan sangat penting untuk fungsi sel normal. Hal ini penting untuk jantung yang sehat juga. 

Diet DASH, protokol yang umumnya direkomendasikan untuk orang yang didiagnosis dengan (atau berisiko untuk) penyakit jantung, merekomendasikan asupan  kalium dari buah-buahan dan sayuran. Mengonsumsi pisang adalah cara yang bagus untuk membantu mendapatkan cukup kalium setiap hari.

4 dari 4 halaman

7. Meningkatkan Suasana Hati

Shawn Talbott, PhD, seorang ahli biokimia nutrisi menjelaskan alasan utama pisang mungkin merupakan makanan yang bisa membangkitkan mood karena satu pisang mengandung 20 persen dari tunjangan harian vitamin B6 yang direkomendasikan. 

Vitamin ini secara ilmiah terbukti mengurangi gejala depresi dan kecemasan, memperbaiki efek stres, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, menurut meta-analisis 2019 tentang bagaimana vitamin B memengaruhi suasana hati, yang diterbitkan di Nature seperti dikutip dari The Healthy.

Triknya adalah kekuatan vitamin B6 untuk menghasilkan serotonin, neurotransmitter otak yang kuat yang dijuluki "hormon bahagia." Talbott menambahkan bahwa pisang juga tinggi serat prebiotik dan kalium, yang merupakan nutrisi lain yang terkait dengan suasana hati yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.