Sukses

Tips Atlet Lari Triyaningsih bagi Perempuan yang Hendak Ikut Ajang Half Marathon

Atlet Lari Jarak Jauh Indonesia Triyaningsih membagikan sejumlah tips bagi pelari pemula perempuan sebelum memutuskan mengikuti ajang lari jarak jauh seperti marathon untuk kali pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga lari maraton semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi setelah berakhirnya pandemi COVID-19. 

Adanya ajang-ajang lari maraton membuat beberapa orang khususnya perempuan yang belum pernah mengikuti maraton juga tertarik untuk mengikuti maraton. 

Atlet Lari Jarak Jauh Indonesia Triyaningsih membagikan sejumlah tips bagi pelari pemula perempuan sebelum memutuskan mengikuti ajang lari jarak jauh seperti maraton untuk kali pertama.

1. Mulai Latihan dan Pertegas Motivasi

Langkah pertama yang sangat penting adalah memulai latihan secara konsisten. Keyakinan diri dan motivasi yang kuat adalah kunci utama dalam persiapan lari maraton. Khususnya Women Half Marathon yang akan segera diselenggarakan 2024 mendatang.

"Cukup untuk mempersiapkan diri dari sekarang latihan secara konsisten selama 16 minggu, supaya bisa mengikuti WHM 2024," kata Triyaningsih dalam sebuah konferensi pers, Rabu (23/11/2023).

Atlet peraih medali emas tersebut mengatakan supaya tetap bisa konsisten berikan diri sendiri motivasi dengan menentukan target atau motivasi lain seperti ingin kurus atau alasan lainnya.

"Selain motivasi untuk ingin kurus, yang paling simpel pastinya untuk selalu ingin bugar. Karena kita kadang terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari dan kemudian lupa bahwa kita juga butuh olahraga," jelasnya

Latihan juga bisa dilakukan dengan mengikuti weekly run, dan latihan foam roller lari

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Asupan Nutrisi

Kunci selanjutnya adalah mengatur asupan nutrisi. Makanan yang sehat akan mendukung proses pembentukan tubuh yang lebih bugar dan bertenaga. Pastikan semua nutrisi cukup dan tidak berlebihan.

“Kemudian persiapkan fisik secara tepat dengan perhatikan asupan nutrisi serta cek dan monitor kesehatan,” katanya.

Untuk bisa menerima program latihan, asupan nutrisi harus lebih diperhatikan supaya tubuh bisa menerima reaksi setelah latihan berat apalagi bagi pemula. 

 

3 dari 4 halaman

3. Pilih Apparel dan Sepatu yang Tepat

Agar latihan lebih efektif dan bersemangat, seseorang bisa menggunakan apparel dan sepatu yang tepat. Karena hal tersebut akan meningkatkan performa dan kenyamanan selama latihan.

Triyaningsih mengatakan untuk sepatu baru, disarankan untuk tidak digunakan saat lari. Namun ada beberapa sepatu yang sudah fleksibel untuk siap digunakan.

"Saran dari aku saat kita ke store untuk mencari sepatu yang tepat, sebaiknya kita harus make sure tipe kaki kita seperti apa. Tapi yang paling nyaman untuk pemula itu aku saranin sepatu tipe stability," kata Triyaningsih

 

4 dari 4 halaman

4. Konsumsi Makanan Ringan Sebelum Lari

Sebelum melakukan olahraga lari, Triyaningsih menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang ringan untuk dicerna perut supaya perut tidak sakit saat lari. 

"Sebenarnya gak makan boleh, makan juga boleh. Tapi aku sih biasanya konsumsi makanan ringan cukup sedikit aja untuk isi perut ya supaya lambungnya bisa aktivitas," kata Triyaningsih

Selain itu Triyaningsih juga mengatakan untuk minum susu coklat dan makan pisang setelah lari. 

"Karena 30 menit setelah lari itu adalah golden window banget buat tubuh menerima asupan nutrisi, jadi kalau bisa jangan makan aneh-aneh ya," jelas Triyaningsih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini