Sukses

Wanita Hamil Perlu Konsumsi Buah dan Cukup Minum Air

Selain pepaya, buah pisang juga direkomendasikan karena mengandung nutrisi seperti magnesium dan kalium.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar ilmu gizi klinik Wita Rizki Amelia, SKM mengatakan, wanita hamil perlu mengonsumsi beberapa buah dalam sehari. Wita menyebut, buah seperti pepaya dan pisang bisa jadi pilihan.

"Dalam sehari perlu konsumsi beberapa buah-buahan. Beberapa kali ktia sering melewatkan buah pepaya. Padahal perlu selain untuk pencernaan yang sehat, juga kaya vitamin A,C, dan beberapa vitamin B," jelasnya, Kamis, dilansir Antara.

Selain pepaya, buah pisang juga direkomendasikan karena mengandung nutrisi seperti magnesium dan kalium. Konsumsi sumber kalium disarankan khususnya bagi mereka yang merasa lelah usai bekerja dan beraktivitas di cuaca panas.

"Kalau pisang kaya magnesium, kalium yang kalau ibu-ibu bekerja itu cenderung lelah. Nah, ketika lelah, apalagi beraktivitas sekarang di udara panas, banyak konsumsi sumber kalium," jelasnya.

Kecukupan konsumsi kalium membantu mencegah terjadinya kram, suatu kondisi yang juga bisa disebabkan karena kekurangan kalsium.

Asupan kalsium juga bisa didapat dari sumber protein hewani terutama susu sehingga Wita mengingatkan orang-orang termasuk wanita hamil agar jangan melewatkan susu bisa tidak ada intoleransi laktosa atau diare usai minum susu.

Selain pisang dan pepaya, nanas juga bisa dikonsumsi wanita hamil. Menurut Wita, wanita hamil boleh makan buah nanas asalkan tidak berlebihan karena sebagian orang mengaku konsumsi buah ini bisa memicu mual. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi karena asam lambungnya yang tinggi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecukupan Asupan Cairan

Lalu, selain buah, wanita hamil juga perlu memperhatikan kecukupan cairan dari konsumsi air putih. Wita menyarankan wanita hamil minum minimal satu gelas ketika bangun tidur hingga pukul 09.00 sudah mengonsumsi tiga gelas.

"Lanjut sampai malam, setidaknya minum air putih atau modifikasi misalnya ada jus, sebaiknya pilih yang karbohidrat alami semisal dari buah-buahan," kata dia.

Sedangkan untuk asupan kopi, Wita menyarankan agar wanita hamil membatasinya satu gelas saja di siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.