Sukses

Sederet Artis yang Putuskan Jadi Vegan, Billie Eilish Masuk Daftar

Berangkat dari isu kepedulian hewan, sejumlah artis ini akhirnya memutuskan untuk menjadi vegan. Siapa saja? Simak penjelasan berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Memutuskan untuk menjadi seorang vegan bukanlah hal yang mudah. Mereka yang melakukannya harus benar-benar tidak mengonsumsi dan memakai produk hewani. Biasanya orang vegan adalah yang peduli akan isu-isu terkait binatang.

Dan, tepat di tanggal ini 1 November diperingati sebagai World Vegan Day atau Hari Vegan Sedunia. Peringatan ini jadi momentum komunitas vegan mengampanyekan konsumsi makan beralih ke nabati.

Pengertian vegan sendiri adalah orang yang tidak makan dan memakai sama sekali daging hewan seperti unggas, ikan, bahkan telur dan susu. Berbeda dengan vegetarian, sebatas menghindari menyantap daging dan beberapa diantaranya tetap mengonsumsi produk hewani.

Tujuan masyarakat vegan enggan bersinggungan dengan produk hewani, karena mereka tidak ingin melihat hewan menderita untuk kebutuhan manusia.

Berangkat dari isu kepedulian hewan, sejumlah artis ini akhirnya memutuskan untuk menjadi vegan. Siapa saja? Simak penjelasan berikut ini dilansir dari Everday Health pada Rabu, 01 November 2023.

1. Benedict Cumberbatch

Beberapa seleb biasanya membagikan pengalaman menjadi vegan. Namun, tidak dengan aktor Doctor Strange ini. Hingga akhirnya, ia mengungkap bahwa dirinya cinta pada gaya hidup nabati dan memutuskan untuk menjadi vegan pada 2018.

Bintang asal Inggris ini mengatakan, meskipun ia tidak makan putih telur untuk mendapatkan bentuk tubuh dalam perannya di Avengers, Cumberbatch tetap mengonsumsi makanan nabati untuk mensiasatinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ariana Grande

Pelantun lagu “Side to Side” ini telah menjadi vegan sejak tahun 2013. Seperti yang dia jelaskan dalam sebuah  wawancara, alasannya menjadi vegan kecintaannya pada hewan.

“Saya mencintai binatang lebih dari mencintai kebanyakan orang, tidak bercanda,” katanya.

Ariana juga menjelaskan bagaimana ia makan. Katanya ketika di luar, Ariana menjadi kesulitan, namun ia mengatakan bahwa tindakan yang biasa dilakukan adalah memesan buah, sayuran, dan salad.  

Tercatat oleh organisasi People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), Ariana kerap kali menyuarakan hak-hak hewan.

Bukti kepeduliannya tersebut, juga terlihat ketika Ariana menjadi salah satu pendiri Orange Twins Rescue, yaitu sebuah organisasi penyelamatan hewan nirlaba di Los Angeles.

3 dari 4 halaman

3. Billie Eilish

Penyanyi ini dibesarkan sebagai vegetarian dan memutuskan untuk menjadi vegan sejak tujuh tahun lalu.  

“Saya seorang vegan. Saya sudah menjadi vegan selama ..... Wah, tujuh tahun,” tuturnya dalam wawancara dengan Vogue diunggah Agustus 2023. 

“Setelah kalian mengetahui hal semacam itu dan melihatnya, sangat sulit untuk kembali lagi (makan seperti biasa),” lanjut Billie.

Pilihannya mantap menjadi vegan setelah mengetahui cara kerja industri produk susu dan olahannya serta industri daging.

Ia pun kerap berbagi pandangannya soal tak menyantap daging. 

“Menjadi vegan bukanlah masalah besar bagi saya, karena daging bukanlah hal penting dalam hidupku,” katanya dikutip dari laman Elle pada Rabu (1/11/2023).

 

4 dari 4 halaman

4. Sadie Sink

Bintang The Stranger Things ini mengatakan kepada majalah Elle, bahwa dia beralih ke pola makan vegetarian pada usia 13 tahun. Setahun kemudian, dia membuat keputusan untuk menjadi vegan.

Tak lupa Sadie pun menyuarakan hak-hak hewan yang penuh semangat menggunakan akun Instagram pribadinya. Ia mengangkat isu tentang kesadaran hal-hal seperti rehabilitasi hewan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini