Sukses

Tak Hanya Hepatitis, Kenali Jenis Lain Penyakit Hati

Selain hepatitis, kenali jenis lain penyakit hati berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hepatitis adalah penyakit hati yang kerap dijumpai pada masyarakat di Indonesia. Jepatitis juga memiliki banyak jenis sesuai dengan penyebabnya. 

"Memang kalau dibagi secara klasifikasi ada macem-macem seperti tadi juga udah disebut ya, ada yang lebih dikenal sebagai hepatitis itu banyak banget jenisnya karena kita tahu ada vaksinnya dan disebabkan oleh virus," kata dr. Reisa Broto Asmoro dalam Siaran Sehat di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (16/10/2023).

Hepatitis adalah jenis penyakit yang menjadi perhatian dunia dan Indonesia khususnya hepatitis B dan hepatitis C. Karena hepatitis B dan Hepatitis C paling banyak menyebabkan penyakit hati kronis.

Hati sendiri merupakan organ yang terletak di rongga perut kanan atas tubuh manusia. Organ satu ini memiliki berbagai fungsi yang berkaitan dengan metabolisme.

"Hati di tubuh manusia memiliki fungsi vital, termasuk memproses nutrisi, memetabolisme racun yang ada dalam tubuh supaya tidak berbahaya bagi tubuh, memproduksi protein dan lain sebagainya," kata dr. Ratna Budi Hapsari, M..M, Ketua Tim Kerja Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan (PISP) Direktorat P2PM, Kemenkes RI.

Selain hepatitis, ada juga beberapa jenis penyakit hati lainnya yaitu:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sirosis Hati

Sirosis adalah penyakit hati yang sudah digantikan oleh jaringan paru, sirosis merupakan penyakit hati kronis yang sulit disembuhkan.

"Ada juga penyakit lainnya, namanya sirosis jadi itu penyakit hatinya sudah digantikan oleh jaringan baru, penyakit sirosis ini udah kronis jdi udah sulit disembuhkan," ucap Reisa

Fatty Liver

Fatty liver atau perlemakan hati, penyakit ini biasanya disebabkan karena penumpukan lemak yang berlebihan. Sehingga dapat mengganggu fungsi hati itu sendiri.

"Fatty liver ini biasanya karena ada penumpukan lemak yang berlebihan akhirnya mengganggu fungsi hatinya sendiri."

 

3 dari 4 halaman

Kanker Hati

"Kanker hati kan tentu karena memang adanya kanker, bisa karena di hatinya sendiri ataupun kanker dari organ lain yang kemudian menyebar ke hatinya," jelas Reisa.

Reisa menyebutkan masih banyak lagi jenis dan penyebab terjadinya penyakit hati diantaranya bisa karena autoimun, alkohol, parasit, infeksi bawaan, herediter dan masih banyak lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Penyakit Hati yang Sering Terjadi di Indonesia

Ratna menjelaskan, hepatitis adalah salah satu penyakit hati yang paling umum terjadi di Indonesia khusunya hepatitis B dan hepatitis C. Survey pada Riset Kesehatan Dasar pada 2013 mendapatkan angka prevalensi orang Indonesia yang terinfeksi hepatitis B sekitar 7,1% atau sekitar 18 juta orang.

Sementara hepatitis C ada sekitar 1% penduduk Indonesia yang terinfeksi virus hepatitis C atau 2,5 juta orang. "Penduduk Indonesia yang terinfeksi virus hepatitis C itu dari segala umur," kata Ratna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini