Sukses

Terus Cari Kesalahan hingga Overprotektif, 5 Tanda Pasangan Insecure dalam Hubungan

Pasangan kerap bertanya dimana posisi Anda? Lalu, kerap mencari-cari kesalahan? Dua hal tersebut bisa jadi tanda dia insecure dalam hubungan yang telah dijalin.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa insecure dalam suatu hubungan, artinya seseorang merasa tidak percaya dengan jalinan tersebut. Umumnya mereka meragukan perasaan atau komitmen pasangan terhadap hubungan.

“Saat kita merasa tidak percaya  dalam suatu hubungan, maka muncul perasaan tidak stabil,” jelas psikolog klinis, Carla Marie Manly, Ph.D.

Namun ketidakyakinan yang terus berlanjut dalam jangka panjang, kemudian malah membebani keduanya.

“Jika tidak segera mengatasi rasa kepercayaan, hal itu membuat timbulnya ketakutan akan diabaikan. Lalu dapat melemahkan dua orang dalam hubungan tersebut,” jelas konselor kesehatan mental, Nancy L. Johnston, MS, LPC, LSATP.

Salah satu contoh seseorang yang insecure dalam hubungan yakni, mencari kepastian tentang pasangan masih mencintai atau tidak. Umumnya pertanyaan tersebut dilontarkan wanita. Namun hati-hati, tidak jarang akhirnya pasangan muak dan merasa frustasi akibat pertanyaan tersebut.

Supaya hubungan langgeng, sebaiknya hindari rasa insecure terhadap pasangan. Simak enam tanda rasa insecure dalam hubungan lainnya dilansir dari Mindbodygreen pada Rabu, 18 Oktober 2023.

1. Terus mencari Kesalahan

Seseorang yang merasa insecure dalam hubungan akan terus mencari-cari kesalahan. Ia akan menganalisis secara berlebihan setiap tindakan dan interaksi kecil, mencoba menemukan bukti bahwa pasangannya bimbang.

“Rasa tidak percaya kita terhadap orang yang dicintai membuat berpikir, bahwa pasangan mungkin akan meninggalkan kapan saja. Akibatnya, kita mungkin dengan waspada memperhatikan tanda-tanda hubungan sudah berakhir,” jelas Nancy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Menjadi Diri Sendiri

Tanda umum lainnya dari rasa insecure dalam hubungan adalah ketika satu orang selalu mengikuti apa yang dikatakan pasangan. Ia malah mengaburkan kebutuhan dan preferensinya sendiri untuk menenangkan pasangannya.

“Rasa tidak aman mengalahkan keinginan untuk bersuara, karena takut pasangan tidak menyukai diri kita yang sebenarnya,” kata Nancy.

2. Overprotektif

Perilaku ini seperti mengambil tindakan apa pun yang dilakukan atau tidak oleh pasangan. Sosok tersebut tidak menghormati privasi dan batasan pasangan, terus-menerus mengirim pesan dan mencoba mengecek ketika berpisah untuk mengetahui apa yang dilakukan pasangan. Lalu menggunakan rasa bersalah saat membuat pasangannya melakukan sesuatu.

"Orang yang merasa insecure bisa sangat mengontrol," kata konselor kesehatan mental, Rachna Buxani-Mirpuri, LMHC.

“Orang yang insecure akan menjadi sangat cemas jika tidak mampu mengendalikan lingkungan dan semua orang yang menjadi bagiannya. Oleh karena itu, orang yang insecure bisa menjadi sangat mengontrol pasangannya,” jelas Mirpuri.

3 dari 4 halaman

4. Mengambil Keputusan Sendiri

Orang yang merasa insecure sering kali salah menafsirkan apa yang dikatakan atau dilakukan pasangannya. Mereka selalu melihat perilaku seseorang melalui asumsinya sendiri. Ia berprasangka bahwa setiap tindakan berarti pasangannya sedang kesal atau kehilangan minat.

4 dari 4 halaman

5. Emosi yang Tidak Stabil

Terakhir, tanda bahwa seseorang merasa insecure dalam hubungan adalah ketidakstabilan emosi. Meskipun orang bisa menjadi emosional karena berbagai alasan, Manly mengatakan orang yang seperti ini menunjukkan perubahan suasana hati.

Mereka bergumul dengan begitu banyak perasaan takut, cemas, sedih, dan putus asa yang intens. Mereka mudah tersulut dan menjadi reaktif dalam menanggapi hal-hal terkecil sekalipun.

Itulah tanda-tanda pasangan yang insecure dalam hubungan. Kenali perlakuannya kemudian sikapi orang seperti ini dengan hati-hati. Jangan biarkan hubungan jatuh ke jurang toxic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini