Sukses

Daftar Makanan - Minuman yang Disarankan dan Dilarang Saat Radang Amandel

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk penderita masalah amandel disarankan makanan yang memiliki tekstur yang lembut.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sedang mengalami radang amandel, bagian tersebut akan terasa nyeri dan sulit untuk menelan makanan. Akibat amandel yang bengkak dan memerah, mengonsumsi makanan sembarangan terkadang malah membuat radang lebih parah dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa.

Pemerhati kesehatan dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan makanan yang dikonsumsi untuk penderita radang amandel bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun usahakan makanan yang memiliki tekstur yang lembut. 

"Saya sarankan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut, yang mudah ditelan. Karena kan pada saat radang, amandel bisa membengkak dan sulit untuk menelan. Jadi untuk mempermudah proses menelan saya sarankan mengonsumsi misalnya yogurt, pudding, smoothies," kata Reisa Broto Asmoro saat live streaming Siaran Sehat Bersama Dokter Reisa pada akun Instagram @kemenkes_ri (9/10/2023).

Selain mudah ditelan mengonsumsi yogurt, pudding dan smoothies juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, kata Reisa.

Pastikan juga tetap makan sayur, bisa dengan cara dilunakkan bagi penderita radang amandel.

"Sayuran juga dilunakkan dulu supaya teksturnya lembut, bisa juga dibentuk smoothies atau dikukus, dipure dan lain sebagainya," ucap wanita lulusan pendidikan dokter Universitas Pelita Harapan ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Banyak Air Mineral

Menurut Reisa, dehidrasi bisa memperlambat penyembuhan dan memperparah rasa nyeri pada tenggorokan apalagi ketika amandel sedang mengalami pembengkakan. 

"Memperbanyak minum air mineral ini juga akan membantu kecukupan cairan dan juga penyembuhan,"

Selain air mineral, teh, madu, air jahe dan kunyit juga bisa membantu penyembuhan pada radang amandel. Minuman herbal memiliki fungsi anti radang yang membuat rasa nyaman di tenggorokan ketika dikonsumsi.

"Teh dan madu juga bisa membantu meringankan rasa nyeri, termasuk air jahe sama kunyit mungkin yang tertarik minum minuman herbal selain nyaman dikonsumsi tapi juga ada fungsi antiradangnya," jelas Reisa

 

3 dari 4 halaman

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Makanan yang dipantang adalah yang memiliki tekstur keras, makanan berlemak, terlalu asam, berbumbu kuat, pedas, dan minuman yang terlalu panas juga disarankan untuk tidak dikonsumsi dulu pada saat sedang radang. 

"Jika seseorang tetap mengonsumsi makanan atau minuman tersebut maka radang amandel akan semakin parah, semakin bengkak dan sakit," kata Reisa.

 

4 dari 4 halaman

Minum Es Saat Radang, Apakah Boleh?

Untuk kasus radang amandel akut, karena terasa sangat nyeri di tenggorokan, terkadang dengan meminum minuman dingin akan mengurangi rasa nyeri. Namun hal tersebut tergantung pada individual itu sendiri.

"Kalau misalnya yang akut ya, kita tahu itu nyeri sekali di tenggorokan kadang-kadang dengan minuman dingin itu menyebabkan nyerinya berkurang. Itu bisa dilakukan tapi itupun relatif tergantung individual ya. Ada yang nggak bisa tahan dingin ada yang lebih kuat dingin jadi tidak ada aturan yang mutlak.Tapi kalau mau lebih aman sesuai dengan suhu tubuh saja 37 derajat Celsius mungkin lebih nyaman," kata Ketua Staf Medis THTBKL RSUP Fatmawati Jakarta dr. Zainal Adhim, SpTHTBKL (K), Ph.D di kesempatan yang sama. 

Zainal melanjutkan bahkan ketika harus dilakukan perasi amandel, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi es krim supaya mengurangi pendarahan dan rasa nyeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini