Sukses

Penyanyi Isyana Sarasvati Alami Keguguran : Sampai Berjumpa Lagi Bebinyo, Terima Kasih Sudah Mau Berjuang Bersama-sama

Isyana Sarasvati Alami Keguguran, Posting Foto USG Kandungan, Tak Ada Lagi Detak Jantung Janin

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Isyana Sarasvati mengabarkan bahwa dirinya mengalami keguguran. Berita duka disampaikan pemain Petualangan Sherina 2 di akun Instagram pribadinya, @isyanasarasvati pada Selasa pagi, 10 Oktober 2023, dengan mengunggah dua buah foto.

Foto pertama berupa emoticon bunga mawar gugur, lalu yang kedua berupa hasil USG kandungannya. Dari foto USG diketahui bahwa Isyana Sarasvati keguguran begitu memasuki usia kehamilan delapan minggu lima hari.

Foto USG yang diunggah Isyana tersebut juga menunjukkan bahwa tidak ada lagi detak jantung janin dalam kandungannya.

Sebagai keterangan dari unggahan tersebut, Isyana Sarasvati menuliskan sebuah kalimat yang berasal dari sang suami, Rayhan Maditra.

 

Our Little Angel,

Arrived with her wings so small, so dear,

Entered our lives, she settled so near,

A moment of longing, a moment we yearned,

A coming of joy, a truth that we learned,

Our angel soothed our hearts full of fear,

The doubts that endured soon washed out, became clear,

A trickle of tears, a symbol of loss

We’ll see you again, till the day our paths cross…

 

Di akhir kalimat, Isyana Sarasvati menulis 'Sampai berjumpa lagi bebinyo... Terima kasih sudah mau berjuang bersama-sama. Sampai jumpa lagi, sampai hari nanti kita bertemu, kami sangat mencintaimu bebinyo' yang diakhiri emoticon menangis, malaikat, dan hati putih.

Di kolom komentar, sejumlah rekan artis menyampaikan rasa berbelasungkawa dan mengirimkan pesan semangat untuk Isyana Sarasvati yang baru saja mengalami keguguran.

Seperti Raffi Ahmad yang menyematkan emoticon sedih, lalu ada Ardhito Pramono yang menulis : So sorry for your loss Isyan.

"So sorry to hear this. Stay blessed Isyan and Mako," tulis @didietmaulana.

"Stay strong Isyan," tulis @rinni_w akun dari penyanyi Rinni Wulandari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyoal Keguguran dan Peluang Kehamilan

Meski pernah mengalami keguguran berulang, seorang wanita masih bisa memiliki keturunan.

Seperti disampaikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fertilitas Endokrinologi Reproduksi Dr dr Kanadi Sumapraja, Sp.O.G, perawatan dan dukungan intensif bagi wanita yang keguguran akan bisa meningkatkan peluang kehamilan.

"Perawatan dan dukungan intensif dapat meningkatkan kesempatan untuk tercapainya kehamilan yang sukses," ujar Kanadi, dilansir Antara.

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah - IVF Centre itu mengatakan, spesialis obstetri dan ginekologi akan melakukan karakterisasi jenis keguguran berulang yang dialami guna menentukan jenis pemeriksaan yang akan dilakukan.

Kanadi menyebut bahwa pemeriksaan kromosom pada jaringan yang berasal dari keguguran termasuk yang harusnya dilakukan.

Namun, pemeriksaan itu belum jadi pemeriksaan yang rutin dilakukan sehingga tidak diketahui apakah keguguran tersebut terjadi pada kehamilan dengan janin normal atau tidak normal.

Kejadian keguguran berulang yang tidak terjelaskan, kata Kanadi, hanya bisa ditegakkan bila pemeriksaan menyeluruh sudah dilakukan tapi tidak ditemukan adanya kelainan.

Salah satu pemeriksaan dilakukan dengan USG untuk menilai bentuk rahim, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan teropong ke rahim atau histeroskopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.