Sukses

Nonton Ulang Series Favorit Bantu Turunkan Stres, Ini Rekomendasi 10 Drakor Wajib Tonton

Enggak cuma latihan berat aja yang bisa menghilangkan stres, menonton series juga termasuk.

Liputan6.com, Jakarta - Saat merasa stres mungkin sebagian orang tahu, bahwa olahraga atau meditasi mampu meredakan hal tersebut. Namun kedua hal tadi bukan satu-satunya solusi. Menonton ulang serial favorit rupanya bisa membantu atasi stres.

Dua studi yang dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menganalisis hubungan antara kebiasaan menonton teve dengan penyelesaian tugas. Hasilnya, penelti Jayne Derrick, Ph.D menemukan adanya efek restoratif dari menonton ulang tayangan teve favorit atau pun membaca ulang buku yang disukai.

Menonton ulang series atau tayangan teve favorit memulihkan tingkat energi individu sehingga memungkinkan seseorang melakukan lebih banyak hal setelahnya.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah tayangan ulang bukan sekadar tontonan menarik yang cenderung membuat perbedaan.

“Efek restoratif yang saya temukan khusus untuk menonton ulang acara televisi favorit (atau menonton ulang film favorit atau membaca ulang buku favorit),” kata Derrick.

Derrick menjelaskan, menonton tayangan televisi saja tidak memberi manfaat yang sama. Begitu pula dengan menonton episode baru acara teve favorit untuk pertama kalinya tidak memberi manfaat serupa, dilansir laman Verywellmind.

Menurutnya, ada sesuatu tentang "pengganti sosial" dengan menonton karakter favorit, dan ada elemen menenangkan karena sudah mengetahui apa yang akan terjadi. Dengan cara ini, menonton ulang acara televisi favorit dapat mengurangi stres dibandingkan pertemuan sosial di kehidupan nyata yang mungkin mencakup konflik atau potensi pengurasan energi yang tidak diketahui.

Berdasarkan risetnya itu, Derrick berargumen bahwa menonton teve tidak sepenuhnya buruk.

“Saya menemukan, misalnya, bahwa acara televisi favorit sebenarnya dapat meningkatkan perilaku pro-sosial masyarakat. Secara khusus, setelah memikirkan acara televisi favorit, orang lebih bersedia memaafkan orang lain, lebih bersedia membantu orang asing, dan lebih bersedia untuk berkorban demi pasangan romantis mereka,' katanya.

Nah ingin coba mengurangi stres dengan menonton ulang serial favorit, berikut rekomendasi 10 serial drama korea yang bisa kamu tonton!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. What's Wrong With Secretary Kim

Drama romantis komedi yang diperankan oleh Park Seo Joon dan Park Min Young ini, tempati posisi nomor satu dengan rating 9,7%.

Drama yang tayang pada 2018 lalu itu, menceritakan kisah sekertaris yang ingin berhenti kerja dari bos yang arogan.

Chemistry keduanya membuat penonton tertarik untuk menyaksikan drama ini berulang kali. Hal tersebut dibuktikan dengan ulasan rating yang kian meningkat, meski What's Wrong With Secretary Kim telah berakhir sejak lama.

3 dari 11 halaman

2. True Beauty

Mengisahkan seorang gadis yang merasa dirinya tidak menarik, sehingga ia bertekad untuk menjadi ahli tata rias.

Hingga akhirnya ia berhasil mempercantik diri dan terjebak cinta segitiga dengan dua orang pria.

Cerita yang diperankan oleh Moon Ga Young, Cha Eun Woo, dan Hwang In Yeop ini berhasil tempati posisi kedua dengan rating 9,6%.

4 dari 11 halaman

3. While You Were Sleeping

Drama ini dikemas penuh ketegangan dan romansa antara Suzy dan Lee Jong Suk.

Menceritakan Nam Hong Joo (Suzy), yang dapat melihat kematian orang lain dalam mimpinya. Ia telah berusaha mati-matian untuk mencegah, tetapi gagal.

Seperti True Beauty, darama ini juga mengisahkan cinta segitiga yang Jung Hae In menjadi korbannya.

Drama ini pun akhirnya sukses menyentuh angka 9,6% berkat cerita dan kemampuan akting pemainnya.

5 dari 11 halaman

4. W Two Worlds

Drama yang lagi-lagi diperankan oleh Lee Jong Suk ini, menempati posisi ke empat yang paling diminati sepanjang tahun dengan angka 9,6%.

Menceritakan dunia buku komik sebagai tempat Lee Jong Suk menetap. Namun ia jatuh cinta dengan Han Hyo Joo yang hidup di dunia nyata.

Keduanya pun harus mencari cara untuk tetap bersama meskipun mereka terpisah jauh.

Tak heran jika drama ini meraih rating tertinggi sepanjang tahun, karena menyuguhkan cerita yang anti mainstream.

6 dari 11 halaman

5. Strong Woman Do Bong Soon

Dibintangi oleh Park Bo Young sebagai pembuat game yang terlahir dengan kekuatan super. Ia bertemu Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik) seorang CEO sebuah perusahaan game yang kebetulan membutuhkan pengawal.

Ahn Min Hyuk akhirnya mempekerjakan Do Bong Soon, namun keduanya saling jatuh cinta.

Drama komedi ini berhasil menempati rating sekitar 9,7% yang paling banyak diminati.

7 dari 11 halaman

6. Doom at Your Service

Drama romansa fantasi yang sekaligus mematahkan hati ini, diperankan oleh Myul Mang (Seo In Guk) dan Tak Dong Kyung (Park Bo Young).

Menceritakan malaikat maut yang jatuh cinta, membuat drama ini sukses meraih rating sekitar 9,5%.

8 dari 11 halaman

7. The Heirs

Drama legendaris ini mendapatkan rating sekitar 9,5%.

Menceritakan Park Shin Hye yang bertemu dengan lelaki kaya yakni Lee Min Ho.

Keduanya sering bertengkar, namun akhirnya mereka saling jatuh cinta.

9 dari 11 halaman

8. My ID is Gangnam Beauty

Menceritakan Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) selalu minder dengan penampilan fisiknya. Ia akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi plastik.

Pada hari pertama kuliah, Mi Rae bertemu dengan Do Kyung Suk (Cha Eun Woo), seorang pria tampan yang pernah satu sekolah dengannya di sekolah dasar. Kyung Suk mengenali Mi Rae dengan cepat, dan dia mulai menyadari bahwa perasaannya terhadap Mi Rae lebih dari sekadar pertemuan.

Drama ini akhirnya sukses menyentuk rating sekitar 9,4%.

10 dari 11 halaman

9. Hotel Del Luna

Drama yang menyentuh rating sekitar 9,6% ini, menceritakan IU seorang CEO di hotel khusus hantu. Sementara Yeo Jin Goo berperan sebagai Goo Chan Sung, seorang asisten manajer yang dijanjikan ke hotel tersebut oleh ayahnya.

Keduanya saling terlibat perasaan dan berakhir menyakitkan.

11 dari 11 halaman

10. Kiss Goblin

Ban Sook (Bae In Hyuk) adalah seorang goblin yang diberitahu bahwa dia perlu mencium 10 orang untuk menjadi manusia. Kesediaannya untuk menjadi manusia begitu besar sehingga ia memutuskan untuk mengambil tugas ini.

Saat dia melakukan perjalanan ini, dia bertemu Oh Yeon Ah ( Jeon Hye Won ), seorang gadis berkemauan keras yang berusaha membantu Ban Sook mencapai tujuan mencium 10 manusia.

Drama ini ternyata diminati oleh banyak orang, dibuktikan dengan rating sekitar 9,2%

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.